Sabtu , 18 September 2021
Depan - Headline - Azirwan : Izin Krematorium Tanpa Pedomani Aturan Lebih Tinggi
Azirwan dan Amrizal Hadi
Azirwan dan Amrizal Hadi

Azirwan : Izin Krematorium Tanpa Pedomani Aturan Lebih Tinggi

Print Friendly, PDF & Email

PadangSpiritSumbar.com – Anggota DPRD Padang, Azirwan menyayangkan Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang telah mengeluarkan izin terhadap Rumah Pembakaran Mayat (Krematorium).

Menurutnya, Pemko Padang dalam mengeluarkan tidak mempedomani aturan yang telah ada. Apalagi ujarnya, keberadaan krematorium milik Himpunan Bersatu Teguh (HBT)  di Jalan Pasar Porong III, Kelurahan Batang Arau, itu telah menimbulkan kisruh di tengah masyarakat sejak mulai pendirian tahun 2015.

Baca:

Berdekatan Dengan Masjid, Jamaah Tolak Krematorium
Tempat Pembakaran Mayat, DPRD Padang Panggil Semua Pihak
Tempat Pembakaran Mayat Bisa Berdampak SARA

Anggota Fraksi Partai Nasdem ini menegaskan persoalan krematorium telah pernah dibahas DPRD Padang pada tahun 2016.  “DPRD Padang sepakat menolak pendirian kreamatorium karena dinilai lokasinya yang terletak di kawasan padat penduduk. Hal ini, ungkap Azirwan, menyalahi PP No 9 Tahun 1987 di Pasal 2 ayat 3 huruf a dan c. Aturan ini terkait keserasian lingkungan dan pemukiman padat penduduk,” ujar Azirwan pada saat itu menjabat sebagai Ketua Komisi I, beberapa waktu lalu.

Hal sama dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Japeri yang datang pada saat demo di Rumah Duka HBT Senin lalu.

Ia mengakui, terkait krematorium ada Peraturan Pemerintah nomor 9 tahun 1987 tentang penyediaan tempat dan penggunaan tanah untuk tempat pemakaman umum (TPU). Dalam PP tersebut, krematorium memang tidak berada di lokasi padat penduduk dan harus memperhatikan keserasian dan keselarasan lingkungan.

Palimo

Artikel Spirit Sumbar Lainnya

loading…


Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

DPRD Sumbar Gelar Rapat Paripurna Nota Pengantar APBD-P 2021

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Setelah DPRD dan Pemprov Sumbar menyepakati KUPA-PPAS pada 13 September 2021 lalu, ...