Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Artikel - Assesor Penilaian Kinerja Guru

Assesor Penilaian Kinerja Guru

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Donni Saputra ( Kepala SDN. 12 Api-Api Kecamatan Bayang Pesisir Selatan )

Menjadi kepala sekolah tidak cukup hanya memiliki kompetensi: a)  Kepribadian; b) Manajerial; c)  Kewirausahaan; d)  Supervisi; e)  Sosial. Tetapi ia juga harus mampu menjadi seorang Assesor Penilaian Kinerja (PK) Guru. Apa itu asessor PK Guru ?

Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, PK GURU adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

Kepala sekolah mau tidak mau, suka tidak suka, harus mampu menjadi asessor maksimal 10 orang guru. Baik yang ada disekolahnya sendiri, atau di sekolah lain, dengan ketentuan sudah memiliki sertifikat asessor dan di SK oleh Dinas Pendidikan yang bersangkutan.

Assesor PK Guru, harus melakukan PK Guru kepada guru yang mempunyai pangkat maksimal sesuai dengan pangkat yang dimiliki oleh assesor, dan juga perlu di ingat seorang assesor harus melakukan PK guru terhadap guru yang mempunyai latarbelakang pendidikan atau jenis guru yang sama dengan dengan assessor tersebut.

Kepala sekolah yang menjadi assesor harus memahami proses PK Guru, memahami instrument PK Guru, memahami kopetensi PK guru yang terdiri dari 14 kompetensi yang terdiri dari 7 kompetensi Pedagogik, 3 kompetensi Kepribadian, 2 kompetensi Sosial dan 2  kompetensi Profesional.

Assesor juga harus memahami indikator PK Guru yang terdiri dari 78 indikator, yakni 45 indikator kompetensi Pedagogik,18 indikator kompetensi Kepribadian,  6 indikator kompetensi Sosial dan 9 indikator kompetensi Profesional. Kesemua indikator tersebut harus dipahami kata-kata kuncinya.

Penilaian kinerja yang berhubungan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar bagi guru kelas atau guru mata pelajaran.  Meliputi kegiatan diantaranya merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian.

Dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Dan tak kala pentingnya adalah seorang assesor juga harus menguasai teori pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, rencana pembelajaran yang menjadi indikator penunjang ketika assesor melakukan penilaian terhadap rencana pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan proses belajar mengajar.

Selanjutnya assessor mengumpulkan data dengan cara pengamatan dan pemantauan, pengamatan dibagi dalam tiga kegiatan yaitu : kegiatan sebelum pengamatan, kegiatan selama pengamatan, kegiatan setelah pengamatan, setelah kegiatan selesai, assessor harus membuat laporan PK Guru.

PK Guru yang telah diberlakukan beberapa tahun terakhir, yang dilaksanakan oleh assesor yang biasanya nilai yang telah didapat langsung menjadi nilai PK guru yang bersangkutan. Pada tahun 2019 ini mengalami pembaharuan, yakni nilai PK Guru yang telah didapat oleh seorang guru hanya diambil 70 persen.  Kemudian ditambah dengan nilai suplemen yang terdiri dari tiga suplemen.  Yaitu, orang tua 10 persen, teman sejawat 10 persen dan siswa 10 persen.

Menjadi seorang assesor PK Guru harus mempunyai komitmen dan harus real, tanpa membeda-bedakan guru yang dinilai, konsekuensi dan harus membuang jauh jauh sifat nepotisme, ini bertujuan supaya guru yang di PK tidak dirugikan, dan merupakan latarbelakang untuk menentukan Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) guru yang bersangkutan.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra sedang menjelaskan perihal konferensi internasional ICoNTISH kepada para jurnalis dan peserta konferensi pers

Pertama Kali Digelar PT sejak Pandemi Covid-19, UM Sumbar akan Gelar Konferensi Internasional ICoNTISH

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Melakukan penelitian dan menulis merupakan sebuah kewajiban bagi seorang akademisi. Selain itu, ...