Beranda - Covid19 - ASN Koperindag Solsel Positif Covid-19
Abdul Rahman
Abdul Rahman

ASN Koperindag Solsel Positif Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Solok Selatan – Satu lagi warga Solok Selatan terkonfirmasi corona virus disease 2019 (covid-19) atau virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid – 19 Solsel, Dr. H. Novirman membenarkan adanya penambahan penderita Covid-19 di Solsel sebanyak 1 orang yang merupakan ASN Pemkab. Solsel

Penambahan 1 orang Penderita Covid-19 ini berasal dari hasil pool tes yang dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu (29-39/5/2020) terhadap 83 orang.

Artinya dari 83 swab yang telah dilakukan, hasil laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, tercatat satu orang positif Covid-19, di Solsel dengan inisial BM (56 th)

Menurut Novirman yang juga Kepala Dinas Kesehatan Solsel itu, dirinya telah ditugasi Plt. Bupati H. Abdul Rahman selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Solsel untuk menyampaikan hasil pemeriksaan swab saat pool tes minggu lalu itu pada awak media.

“Spesimen swab diambil secara massal dimulai sejak Jumat (29/5/2020) dan Sabtu (30/5/2020) lalu dan tadi terkonfirmasi satu tambahan positif Covid-19 dari Solsel,” kata Novirman saat jumpa pers di kantor bupati, Kamis (4/6/2020), ” kata Novirman.

Ia mengatakan, pejabat yang terkonfirmasi positif Corona itu merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Rabu (3/6/2020) masih melakukan tugas kedinasan. Bahkan ikut menghadiri rapat video confrence dalam rangka penetapan rencana penerapan New Normal di Solsel di kantor bupati setempat.

Dijelaskan Novirman, dari hasil telusur informasi terhadap ASN (BM) yang positif Covid, didapat keterangan 14 hari kebelakang, terutama sejak pengambilan swab Jumat (29/5) BM tidak pernah keluar daerah. Namun pada tanggal 26 Mai, BM mengakui dirinya kontak dengan orang dari Padang yang membawa kiriman dari anaknya yang tinggal di Sawahan Padang.

Artinya,kuat dugaan terpaparnya BM, positif Covid dari klaster tamu yang membawa kiriman anaknya yang tinggal di Sawahan Padang itu. Apalagi kontak dengan tamu itu lebih satu jam, dari pengakuan BM, ” kata Novirman.

Menurut Novirman, hari ini pihaknya bakal melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak dengan BM itu. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan.

Kepada BM, Novirman juga meminta untuk mengingat dan menjelaskan sebenar-benarnya, dengan siapa saja beliau pernah melakukan kontak selama 14 hari ke belakang.

Hal ini untuk mempermudah kita mentraking atau menelusuri riwayat kontak dengan orang lain, guna dilakukan pemeriksaan,” tambah Novirman.

Selain itu, Pemkab Solsel juga telah melakukan penyemprotan desinfektan di Kantor Bupati Solsel, Kantor DPRD dan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian setempat.

Bahkan, tadi juga langsung diambil sampel swab massal terhadap ASN dan pegawai di lingkungan OPD dan DPRD Solsel yang terindikasi ada kontak,” terang Novirman.

Tadi diuji swab 55 orang dan besok dilanjutkan untuk 22 orang yang kontak erat di daerah Muara Labuh serta tambahan di lingkungan OPD. Kita siapkan tambahan untuk 250 sample swab,” beber Novirman.

Sementara Plt. Bupati. H. Abdul Rahman ditempat terpisah pada wartawan menambahkan untuk sementara, kantor Koperindag tempat BM bertugas kita kosongkan dahulu dan sterilkan. Kemudian, ia dan istrinya di isolasi dahulu dirumah tidak, boleh keluar rumah,” terangnya.

Padahal, imbuhnya Pemkab Solsel berencana bakal menerapkan New Normal pada 8 Juni 2020, namun dikarenakan ada terkonfirmasi positif Covid-19 maka akan jadi pertimbangan. “Kita lihat nanti bagaimana hasil swab dari yang pernah kontak dengan beliau,” tutupnya.

Sementara itu, ASN Dinas Koperindag Solsel itu, BM (56) melalui whatsaap group, telah menyampaikan tentang dirinya yang positif Covid-19 dari pool tes yang baru saja keluar hasilnya, yang menyatakan dirinya positif Covid.

” kepada bapak/ibu,saudara para sahabat dan rekan sekerja yang pernah kontak atau berdekatan dengan saya, diminta untuk ikut rapit tes atau swab, sekaligus saya mohon doa agar segera sembuh dan terbebas dari Covid-19, ” bunyi pesannya melalui media sosial.

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

kebakaran melanda kawasan Banda Olo, Belakang Lintas Andalas, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 14 Juli 2020, sekira pukul 18.30 WIB.

Kebakaran Hebat di Kota Padang, Belasan Damkar Dikerahkan

Spiritsumbar.com, Padang – Kebakaran hebat melanda kawasan Banda Olo, Belakang Lintas, Kecamatan Padang Barat, Kota ...