Depan - DPRD Sumbar - Arkadius : DPRD Sumbar ke Belanda Untuk Gali Arsip
Arkadius Datuak Intan Bano meninjau bengkalai akses jalan penghubung Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Solok di Nagari Balimbiang Rambatan Tanahdatar
Arkadius Datuak Intan Bano meninjau bengkalai akses jalan penghubung Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Solok di Nagari Balimbiang Rambatan Tanahdatar

Arkadius : DPRD Sumbar ke Belanda Untuk Gali Arsip

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Sejumlah anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Belanda. Hal itu dilakukan untuk menggali informasi dan melihat bukti otentik atau arsip sejarah. Karena , arsip-arsip Indonesia banyak tersimpan di negara yang pernah menjajah tanah air tersebut.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Bano, terkait rencana keberangkatan dirinya dan sejumlah anggota Komisi V ke Belanda, tanggal 4 sampai 9 Desember 2017, di DPRD Sumbar Jumat (17/11/2017).

Menurutnya, Rombongan Komisi V akan berangkat bersama dengan Dinas Arsip dan Kepustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat. “Kunjungan ke Leiden, Belanda bersama Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Tujuannya adalah untuk menggali informasi dan sejarah serta melihat arsip yang tersimpan di sana,” tegasnya.

Dia menambahkan, salah satu yang ingin digali informasi atau arsipnya adalah mengenai silsilah Kerajaan Pagaruyung. Termasuk juga arsip sejarah lainnya yang tersimpan di Belanda dengan harapan kunjungan itu dapat menggali sejarah Indonesia terutama Sumatera Barat dan Minangkabau.

Menurutnya, kunjungan anggota DPRD ke luar negeri tidak melanggar aturan perundang-undangan. Sepanjang ada izin dari Kementerian Dalam Negeri dan anggarannya disediakan, kunjungan tersebut bisa dilakukan.

Dia menjelaskan, pada saat kunjungan anggota DPRD ke Jerman beberapa waktu lalu adalah dalam rangka pameran, dimana Sumatera Barat juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Sementara kunjungan ke Belanda juga memiliki tujuan yang sangat bermanfaat untuk mengetahui arsip sejarah. Dia berharap, masyarakat tidak melihat kunjungan ke luar negeri anggota DPRD dalam perspektif yang lain. DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dibolehkan dalam aturan untuk melakukan kunjungan ke luar negeri. Dia menegaskan, pada prinsipnya, agenda kegiatan yang dilakukan adalah semata-mata untuk kepentingan daerah. (SALIH)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bertekad Tetap Informatif, Pessel Gelar Bimtek Pemeringkatan untuk PPID Pembantu

SPIRITSUMBAR.com, Painan – Agenda besar tahunan yang dilakukan oleh PPID Utama Kabupaten Pesisir Selatan (Kab.Pessel) ...