Minggu , 19 September 2021
Depan - Pendidikan - Apresiasi - Apresiasi Luar Biasa untuk MTsN Parak Laweh
Piala Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional yang diterima MTsN Parak Laweh Padang (foto Falsanar - Spirit Sumbar)

Apresiasi Luar Biasa untuk MTsN Parak Laweh

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Dengan rasa syukur atas diperolehnya Piala Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional,  bagi keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Parak Laweh Padang.

Cover THE PUBLIC Edisi 25Rabu (27/7/2016) Lembaga pendidikan Islam ini, mengadakan Halal bihalal sebagai syukuran sekaligus silaturahmi dengan Kanwil Kamenag Sumbar, H. Salman Memed dan Kakanmenag kota Padang H. Japeri. Termasuk, semua jajaran  Kemenag Kota Padang kepala Bapeldalda Kota Padang serta undangan lainnya.

Presiden  RI Joko Widodo  (Jokowi)  telah menganugerahkan Piala Adiwiyata Mandiri Nasional pada MTsN Parak Laweh Padang, di Kabupaten Siak pada Jum’at (22/72016) malam. Kepala MTsN Parak Lawas Padang Lilis Andriani didampingi Kepala Tata Usaha Tan Gusli  juga hadir Kakanmenag Kota Padang H. Japeri menjadi saksi prosesi penyerah piala  Adiwiyata Mandiri 2016 tersebut.

Lilis Andriani usai syukuran mengatakan bahwa  6 sekolah di Kota Padang yang memperoleh piala bergensi ini, salah satu diantaranya adalah MTsN Parak Laweh Padang.

Seperti diketahui,Penghargaan Adiwiyata terdapat enam tingkatan, Tingkatan itu Adiwiyata Kabupaten /Kota Adiwiyata Provinsi , Adiwiyata Nasional, serta penghargaan tertinggi Yakni Adiwiyata Mandiri. Penghargaan Adiwiyata artinya sekolah yang sudah berpredikat berwawasan lingkungan dalam pengelolaannya. Penghargaan ini merupakan Strata tertinggi didalam penilain secara Nasional dari Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI.

Dalam sambutan H.Japeri mengatakan, bahwa  keberhasilan yang diraih oleh dua MTsN yang ada di Kota Padang, yakni MTsN Parak Laweh dan MTsN Kota Tangah  merupakan kerja keras kepala sekolah dan bersama  guru dan masyarakat secara terpadu “Alhamdulillah, terima kasih kepada kedua Madrasah Tsanawiyah Negeri dibawah naungan Kementerian Agama Kota Padang. Yang telah melaksanakan Adiwiyata dengan baik,” ujarnya.

Dengan diperolehnya pengharagaan oleh kedua madrasah tersebut akan memotivasi madrasah lain untuk berbuat yang sama. Madrasah yang ada diharapkan mampu menstandarkan dirinya sebagai Sekolah/Madrasah Adiwiyata “Kita berharap nantinya seluruh Madrasah/Sekolah di Padang sudah berstandar Adiwiyata,” terangnya.

Dalam kesempatan itu,  Kepala Urusan Tata Usaha Tan Gusli Menambahkan bahwa penghargaan Adiwiyata sendiri merupakan prestasi nasional yang diberikan Kepada Sekolah–sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggungjawab terhadap lingkungan.

“Penilaian Adywiyata didasarkan Kepada Empat Kriteria. Yakni, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan. Pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan. Juga, pengembangan sarana pendukung sekolah,”ujarnya

FALSANAR

iklan Bendera marawa ok

 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pengurus JAPNAS Berbakti, Ozi serahkan bantuan secara simbolis pada anak yatim dalam program JBB Masjid Al Quwait

JAPNAS Sumbar Sambut Baik Program JBB Masjid Al Quwait

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Rumah Gadang Basamo (RGB) Alumni SMA 1 Padang tamatan 1987 bekerjasama dengan ...