Beranda - Pendidikan - Artikel - Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19
Zuraida
Zuraida

Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Zuraida (Guru UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Sesuai dengan SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020, terkait pemutusan mata rantai penyebaran Virus Corona, maka proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus merespon situasi ini dengan tepat. Sebisa mungkin sekolah harus mengantisipasi agar virus corona tidak menyebar. Salah satu cara dengan mengubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Guru perlu melakukan berbagai upaya dan mencari metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh tersebut, agar dapat terlaksana dengan baik.

Menurut UU RI Nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, menjelaskan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lainnya.



Masa sekarang Smartphone atau gadget bukanlah barang dalam kategori tersier. Dibuktikan, hampir semua orang mulai dari usia SD, SMP, SMA dan mahasiswa memilikinya. Mulai dari anak kecil hingga orang tua mahir dalam penggunaanya.

Berdasarkan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai media atau sarana pembelajraan jarak jauh ditengah masa pendemi Covid-19 saat ini.

Pemanfaatan smartphone atau gadget sebagai sarana dalam pembelajaran memerlukan aplikasi tambahan. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai aplikasi bawaan. Biasanya diunduh melalui Play Store. Bagi pengguna android, aplikasi tambahan yang biasa dipergunakan antara lain whatsapp, google form, quizizz, edmodo, dan microsoft office 365, Microsoft teams, zoom, dan lainnya.

Pemanfaatan berbagai jenis aplikasi tersebut dapat mempermudah proses pembelajaraan secara efektif dan efisien pada saat pandemic covid-19. Penilaian pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Mengingat banyaknya aplikasi yang bisa dipilih guru untuk kegiatan belajar. Salah satu yang bisa dimamfaatkan secara mudah adalah aplikasi Quizizz.

Aplikasi Quizizz memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri, baik bagi siswa atau bagi guru. Aplikasi Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaraan. Bisa juga dimanfaatkan untuk media pelaksanaan penilaian tengah semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dari rumah.

Kelebihan aplikasi Quizizz adalah memungkinkan penilaian formatif yang disesuaikan dengan waktu siswa. Dengan cara menyenangkan dan menarik bagi siswa. Aplikasi ini memiliki fitur yang menonjol meliputi, pertama, dapat disesuaikan dengan kecepatan siswa. Pertanyaan muncul di layar sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan dengan kecepatan mereka sendiri dan meninjau jawaban mereka diakhir.

Kedua, dapat dimainkan oleh siswa menggunakan perangkat apa pun dengan browser, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone.

Ketiga, memiliki berbagai jenis kuis umum. Guru dapat membuat ribuan pertanyaan hebat di quizizz setiap hari. Upaya komunitas ini menghasilkan konten hebat yang dapat digunakan semua orang.

Keempat, tersedianya editor kuis. Editor kuis adalah editor kuis hebat yang memungkinkan membuat kuis dengan cara mudah dan menyenangkan.

Kelima, menghilangkan kerumitan membuat kuis. Memungkinkan kita memetik pertanyaan dari kuis apa pun. Menambahkan gambar dengan mudah dari internet menyimpan kemajuan secara otomatis, dan banyak fitur lainnya.

Keenam, tersedianya laporan yang memberikan wawasan tingkat kelas dan tingkat siswa yang terperinci untuk setiap kuis yang dilakukan. Juga dapat mengunduh laporan sebagai Speadsheet Excel.

Ketujuh, terdapatnya kustominasi kuis, guru memiliki beberapa opsi untuk menyesuaikan sesi kuis mereka untuk mengubah tingkat persaingan , kecepatan, dan faktor lainnya.

Selain itu quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaraan di kelas saja. Tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa. Asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan quizizz ini, siswa akan merasa ditantang. Karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan. Karena quizizz menampilkan rangking yang bersifat live antar quizizz.

Pemanfaatan quizizi akan menyenangkan bagi siswa karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menghilangkan rasa jenuh.

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya. Karena soal yang diberikan kapada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya.

setelah mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakan.

Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis. Kemudian quizizz membuat analisis butir soal yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar salahnya, serta porsentase pencapain quiz untuk seluruh siswa. Selain itu sebenarnya, hasil quiz setiap siswa dapat diemailkan ke orang tua mereka.

Artinya pemanfaatan quizizz dalam pembelajaran akan membuat pembelajaran jarak jauh terasa menyenangkan. Selain itu akan memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan penilaian.

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang datangi Mapolres Sijunjung

4 Awak Bus ALS Lakukan Pembunuhan, Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang Datangi Polres Sijunjung

SPIRITSUMBAR.COM, Sijunjung – Terungkapnya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh 4 awak Bus ALS di ...