Beranda - Pendidikan - Artikel - Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19
Zuraida
Zuraida

Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Selain itu quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaraan di kelas saja. Tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa. Asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan quizizz ini, siswa akan merasa ditantang. Karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan. Karena quizizz menampilkan rangking yang bersifat live antar quizizz.

Pemanfaatan quizizi akan menyenangkan bagi siswa karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menghilangkan rasa jenuh.

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya. Karena soal yang diberikan kapada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya.



setelah mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakan.

Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis. Kemudian quizizz membuat analisis butir soal yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar salahnya, serta porsentase pencapain quiz untuk seluruh siswa. Selain itu sebenarnya, hasil quiz setiap siswa dapat diemailkan ke orang tua mereka.

Artinya pemanfaatan quizizz dalam pembelajaran akan membuat pembelajaran jarak jauh terasa menyenangkan. Selain itu akan memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan penilaian.

<<< Sebelumnya

Selengkapnya >>>

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang datangi Mapolres Sijunjung

4 Awak Bus ALS Lakukan Pembunuhan, Tokoh Masyarakat Tanjung Gadang Datangi Polres Sijunjung

SPIRITSUMBAR.COM, Sijunjung – Terungkapnya kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh 4 awak Bus ALS di ...