Beranda - Pendidikan - Artikel - Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19
Zuraida
Zuraida

Aplikasi Quizizz untuk Penilaian pada Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Zuraida (Guru UPTD SMPN 1 Kec. Luak)

Sesuai dengan SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020, terkait pemutusan mata rantai penyebaran Virus Corona, maka proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus merespon situasi ini dengan tepat. Sebisa mungkin sekolah harus mengantisipasi agar virus corona tidak menyebar. Salah satu cara dengan mengubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Guru perlu melakukan berbagai upaya dan mencari metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh tersebut, agar dapat terlaksana dengan baik.



Menurut UU RI Nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, menjelaskan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lainnya.
Masa sekarang Smartphone atau gadget bukanlah barang dalam kategori tersier. Dibuktikan, hampir semua orang mulai dari usia SD, SMP, SMA dan mahasiswa memilikinya. Mulai dari anak kecil hingga orang tua mahir dalam penggunaanya.

Berdasarkan hal tersebut sangatlah mungkin smartphone atau gadget dapat diefektifkan pemanfaatannya sebagai media atau sarana pembelajraan jarak jauh ditengah masa pendemi Covid-19 saat ini.

Pemanfaatan smartphone atau gadget sebagai sarana dalam pembelajaran memerlukan aplikasi tambahan. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai aplikasi bawaan. Biasanya diunduh melalui Play Store. Bagi pengguna android, aplikasi tambahan yang biasa dipergunakan antara lain whatsapp, google form, quizizz, edmodo, dan microsoft office 365, Microsoft teams, zoom, dan lainnya.

Pemanfaatan berbagai jenis aplikasi tersebut dapat mempermudah proses pembelajaraan secara efektif dan efisien pada saat pandemic covid-19. Penilaian pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Mengingat banyaknya aplikasi yang bisa dipilih guru untuk kegiatan belajar. Salah satu yang bisa dimamfaatkan secara mudah adalah aplikasi Quizizz.

Selanjutnya >>>

Tip & Trik

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Indonesia Berduka, Ketua DPD RI, LaNyalla Minta Masyarakat Lebih Waspada

SPIRITSUMBAR.COM, Jakarta – Maraknya bencana alam yang menimpa Indonesia belakangan ini membuat Ketua DPD RI, ...