Beranda - Tekno - Tips - Apakah IMEI Smartphone Anda Terdaftar, Lakukan Langkah Ini
Pesan singkat Kominfo terkait IMEI perangkat handphone (foto ist)
Pesan singkat Kominfo terkait IMEI perangkat handphone (foto ist)

Apakah IMEI Smartphone Anda Terdaftar, Lakukan Langkah Ini

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Aturan blokir ponsel BM via IMEI resmi berlaku mulai, Sabtu (18/4/2020). Kebijakan ini hanya berlaku untuk smartphone baru yang dibeli dan diaktifkan pengguna per 18 April 2020.

Sementara, perangkat berasal dari manapun (black market atau bawa dari luar negeri) yang aktif dan memanfaatkan layanan seluler dari operator telko Indonesia sebelum tanggal 18 April 2020, akan tetap berfungsi dan tidak berdampak apapun.

Sebelum kamu ketakutan dengan berlakunya aturan ini, apa smartphone saya aman atau tidak dan siapa saja yang terkena aturan ini, yuk simak sejumlah fakta mengenai kebijakan validasi IMEI ini.

Fakta nomor satu ini yang kerap ditakutkan oleh pengguna ponsel BM atau yang beli di luar negeri. Banyak pertanyan, ‘saya beli smartphone di Amerika, kalau aturan ini berlaku apakah smartphone saya masih bisa dipakai?’


Artikel Lainnya

loading…


Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Kemkominfo, Nur Akbar Said, mengungkapkan, ponsel BM (ilegal) atau yang beli di luar negeri, yang dihubungkan dengan layanan operator Indonesia sebelum 18 April 2020 akan tetap bisa digunakan.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Wakil Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia, Merza Fachys.

Merza mengatakan, smartphone yang digunakan (aktif dan terhubung jaringan seluler) saat ini, baik itu smartphone yang dibeli dari luar negeri atau ponsel BM sekalipun masih tetap bisa digunakan.

“Siapapun yang mengaktifkan (menghubungkan smartphone dengan layanan operator seluler Indonesia) sebelum 18 April, tidak akan terganggu,” ujar Merza.

Nah, untuk memastikan apakah smartphone yang kamu beli apakah ilegal atau tidak, kamu bisa mengeceknya di situs IMEI Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/).

Untuk mengetahui nomor IMEI, kamu bisa melihat bagian belakang bodi smartphone atau di boks penjualan. Cara lain yang juga mudah adalah dengan mengetik *#06#. Dengan langkah ini seri nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Alternatif lain untuk mengetahui nomor IMEI smartphone adalah dengan memilih menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Status > Informasi IMEI.

Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI di kolom pengecekan pada situs IMEI Kemenperin.

Berikutnya, jika smartphone anda terdaftar, maka akan dapat notifikasi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bahwa perangkat anda aman dan sudah terdaftar. (salih)

Baca : Validasi IMEI Diberlakukan, Jangan Beli Smartphone BM



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Andani Eka Putra

Pertarungan Menghadapi Pandemi COVID-19 Terjadi di Pusat Keramaian

Spiritsumbar.com, Padang – Pertarungan sebenarnya menghadapi pandemi berada di pusat keramaian. Karena, penanganan COVID-19 tidak ...