Depan - Berita Pilihan - Antrian Solar Mengular, Ternyata Ini Penyebabnya

Antrian Solar Mengular, Ternyata Ini Penyebabnya

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Puluhan kendaraan berukuran besar ciptakan antrian panjang pada beberapa SPBU di Sumatera Barat dalam beberapa hari ini. Mereka antri demi mendapatkan solar.

Bahkan mangkalnya puluhan truk telah mengganggu arus lalulintas dari segala penjuru. Bagi, mereka seperti tak lagi pilihan demi melanjutkan roda kehidupan

Menyikapi antrian solar, Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR
PT Pertamina (Persero) Nurhidayanto mengatakan PT Pertamina (Persero) terus berkomitmen menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar bagi konsumen sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Penyaluran Solar bersubsidi dalam kondisi normal, rata-rata sebesar 220 Kiloliter (KL) per hari di Kota Padang. Khusus hari ini saja, penyaluran Solar sudah tembus sebanyak 230 KL, stok Solar masih tersedia,” ujar Rabu (16/6/2021 ).

Untuk konsumsi Solar subsidi di salurkan sesuai aturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas). Kendaraan bermotor perseorangan roda empat paling banyak 60 liter per kendaraan. Kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda empat paling banyak mengisi 80 liter per kendaraan. Sementara itu untuk kendaraan bermotor umum angkutan orang atau barang roda enam paling banyak mengisi 200 liter per hari per kendaraan.

“Sebanyak 109 SPBU yang sudah terdigitalisasi, dan melakukan input rekap langsung pengisian solar bersubsidi sesuai yang ditetapkan BPH Migas,” ucapnya.

Nurhidayanto menambahkan “Kita telah berkoordinasi Polsek dan Dinas Perhubungan (Dishub), SPBU di dalam Kota Padang yang ada Solarnya hanya melayani penjualan Solar pada malam saja. Selain itu, pengendalian konsumsi Solar sudah diterapkan di seluruh SPBU Sumbar. Kita juga menerapkan ketentuan pencatatan nopol”.

Ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengkonsumsi Solar sesuai peruntukan. Diharapkan masyarakat mulai beralih ke BBM berkualitas pengganti solar seperti Dexlite maupun Pertamina Dex yang sudah tersedia di SPBU Pertamina. Sehingga tidak mengganggu alokasi kuota konsumen yang berhak atas solar subsidi.

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Padang Lakukan Penyekatan PPKM dari RT Hingga Kelurahan

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV harus diimbangi dengan pengawasan ...