Depan - Berita Pilihan - Anggota Satreskim Polres Dharmasraya Amankan Alat Berat dan Penambang Emas Illegal

Anggota Satreskim Polres Dharmasraya Amankan Alat Berat dan Penambang Emas Illegal

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.COM, Dharmasraya – Penambangan emas tanpa izin (illegal mining) yang diduga menggunakan alat berat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat semakin marak.

Agar tidak semakin berlarut, Anggota Satreskim Polres Dharmasraya telah mengamankan satu alat berat dan alat dompeng serta air raksa. Termasuk 5 orang pekerja tambang, tanpa izin (ilegal mining) tersebut ikut diamankan di tempat kejadian peristiwa (TKP) di Sungai Munggeh, Jorong Koto Besar IV Nagari Koto Besar Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Selasa (12/1/2021)

Penangkapan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto, SH

Atas penangkapan alat berat dan 5 orang pekerja penambangan emas tanpa izin (ilegal mining) tersebut di sampaikan oleh Kapolres Dharmasraya AKBP. Aditya Galayudha Ferdiansyah, SIK, melalui Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto, SH.



“Benar kami dari Anggota Sat Reskim Polres Dharmasraya telah mengamankan satu unit alat berat dan 5 orang pekerja penambangan emas tanpa izin. Kemudian alat dompeng dan satu botol air raksa TKPnya di sungai munggeh, Jorong koto besar IV nagari koto besar kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.

Keronologisnya mendapat informasi dari masyarakat dengan adanya kegiatan ilegal mining di daerah sungai munggeh tersebut diduga menggunakan alat berat.Dengan Mendapat informasi tersebut anggota Satreskrim Polres Dharmasraya melakukan penyilidikan dan pengintaian dengan kegiatan illegal mining tersebut,Ternyata memang benar sekali aktivitas mereka sedang berlansung.

Kemudian Anggota Sat Reskim Polres Dharmasraya yang kami pimpin langsung mengaman kan 5 orang perkerja penambangan emas tanpa izin (ilegal mining) tersebut yang berinisial .1) IWD umur 46 tahun.dan 2.) SRN umur 37 Tahun selanjutnya 3.) MRS umur 43 Tahun kemudian 4.) MSB umur 46 tahun dan yang terakhir 5). NGK umur 46 tahun.

Kemudian kita juga mengamankan barang bukti di TKP tersebut di antaranya : satu unit alat berat exapator merk hitachi warna orange, satu botol kecil air raksa /mercury, kemudiam satu set mesin dompeng merk tianli, satu set H.S 100 kepala 6 dan satu set keong ukuran 6 pk, satu buah karpet warna hijau selanjutnya dua buah karpet asbuk warna hijau, alat dulang dari plastik warna hitam, satu buah pipa pralon ukuran 6 inci panjang 3 meter, satu buah slang spiral ukuran 6 inci Panjang 1 meter, satu buah engkol mesin dompeng, satu set mesin dompeng merk tianli, satu buah keong ukuran 4 inci merk hua heng, satu buah NS 100 kepala 5,satu buah paralon ukuran 4 inci panjang 3 meter, selang warna putih ukuran 1,5 inci panjang 2,5 meter. satu set mesin dompeng merk tianli, satu buah keong ukuran 4 inci, satu buah NS 100 kepala 6,paralon panjang 3 m ukuran 4 inci dan dua buah spiral panjang 1 m ukuran 4 inci, satu buah selang warna putih panjang 2 meter

Saat ini pelaku dan barang bukti kita amankan di Polres Dharmasraya untuk di lakukan penyilidikan dan siapa pemilik alat berat dan pemilik lahan tambang serta di balik ini semuanya dalam penyilidikan anggota kami tegas Kasat Reskrim Polres Dharmasraya AKP Suyanto,SH (eko)

Tip & Trik

loading…


 

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

All New Honda BR-V, Resmi Diluncurkan Dengan 5 Varian

PT Honda Prospect Motor perkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di ...