Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Anak Nagari Painan Satukan Gerak Bantu Warga Isolasi
Anak Nagari Painan galangan donasi untuk membantu warga yang terkena dampak isolasi (foto ist)
Anak Nagari Painan galangan donasi untuk membantu warga yang terkena dampak isolasi (foto ist)

Anak Nagari Painan Satukan Gerak Bantu Warga Isolasi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pesisir Selatan – Anak Nagari Painan yang berada di kampuang dan perantauan bersatu dan bergerak bersama- sama. Mereka yang tergabung dalam Whatshapp Group (WAG) “Dari Kita Untuk Sesama” mulai menginisiasi penggalangan donasi untuk membantu warga – warga yang terkena dampak isolasi akibat covid-19.

Kepedulian sebagai wujud dari keprihatinan ketika melihat kondisi ekonomi masyarakat. Mereka makin terpuruk akibat dampak wabah covid-19 yang kian parah. Menyusul ditetapkannya Pessel sebagai zona merah covid-19 oleh Pemkab Pesisir Selatan beberapa waktu yang lalu.

Pendataan warga diprioritaskan terutama bagi kelompok warga yang benar-benar tidak mampu. Mereka hidup dari mata pencarian harian atau kerja serabutan. Serta, sejauh ini mereka luput dari pantauan dan pendataan.

Donasi yang dihimpun dari berbagai pihak tersebut, berasal dari jejaring pertemanan dan persahabatan. Saling terhubung satu sama lain melalui media daring yakni facebook dan whatshapp lintas kota, lintas provinsi,bahkan ada donasi yang datang dari kota Amsterdam Belanda.


Baca : Tanpa Gejala, Seorang Pria Renta Positif Virus Corona

Artikel Lainnya

loading…


Selain pola penggalangan donasi dari media daring. Penggalangan donasi juga dilakukan dengan ide ide kreatif dengan Program acara yang diberi tajuk “Ngamen Amal Musisi Painan Peduli Sesama”.

Program ini dimotori oleh para Musisi Kota Painan, yang sudah dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 April 2020. Besarnya antusiasme netizen terhadap program ini sehingga acara tersebut berhasil menyumbang lebih 50 persen dari total nilai donasi. Para musisi tampil bergiliran yang disiarkan langsung dari berbagai kota.

Penggalangan donasi tersebut dimulai sejak 27 Maret 2020. Total update pertanggal 15 April 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp 10 juta lebih.

“Rencananya, donasi tersebut segera disalurkan dalam beberapa hari kedepan. Bantuan disalurkan dalam bentuk sembako, yakni berupa beras dan minyak goreng. Dalam 1 paket berisi 5 kg beras kualitas terbaik merk Rajo Pasisie dan 1 liter minyak goreng. Dana dari donasi tersebut baru bisa dibelanjakan untuk 139 paket sembako,” koordinator penggalangan, Harry Yulianda.

Baca : Seluruh Paramedis Dikarantina, Pelayanan Puskesmas Tarusan Ditutup Sementara

Dia berharap, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi warga mengingat semakin dekatnya bulan suci Ramadhan. “Untuk tahap awal ini, distribusi bantuan baru bisa menyentuh wilayah- wilayah di sekitar 3 Nagari di Painan, Sungai Nipah, Bungo Pasang dan Salido. Mudah- mudahan untuk tahap berikutnya bisa menyentuh dunsanak- dunsanak kita lintas kecamatan,” ujarnya.

Harry Yulianda menyebutkan, hingga hari ini, mereka terus berusaha melakukan penggalangan dana. “Semua proses serta tahapan kami catat dan dokumentasikan sebagai pelaporan kegiatan nantinya. Rencananya penggalangan donasi kita lanjutkan untuk tahap berikutnya,” ujarnya.

Demikian pula sahabat – sahabat musisi juga berkeinginan melanjutkan program Ngamen Amal Edisi ke 2 dengan melibatkan lebih banyak musisi dengan jangkauan yang lebih luas dan masiv.

“Bagi Dunsanak yang ingin bergabung silahkan kirim/ transfer donasi ke No Rekening BNI 0455051082 a/n Harry Yulianda. Konfirmasi Foto Resi Pengiriman dengan mengirim ke nomor WA Harry Yulianda : 0853-5642-4121,” ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Penyemprotan, Novi Irawan menambahkan, bahwa hari ini sudah masuk hari ke 11 sahabat sahabat yang tergabung dari berbagai komunitas pecinta vespa dan Vape club Painan terus berkeliling perumahan warga melakukan penyemprotan desinfektan. “Semua bergerak dengan apa yang mereka bisa, baik yang dilakukan dari dalam rumah maupun yang berada di luar rumah,” ujarnya.

“Ucapan terimakasih sebesar besarnya kepada para donatur yang sejauh ini telah memberikan keikhlasan dan hati yang tulus ikut membantu penggalangan dana bersama kami. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah dan menjadi ladang amal hendaknya dihadapan Allah SWT, Aamiin Ya Rabbal’alamiin,” ujarnya. (Salih/rel)



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan sarana di GOR Pasaman Barat yang menuai polemik

Polemik Sarana Pendukung GOR Pasbar, Anggota DPRD Merasa Takicuah

SPIRITSUMBAR.COM, Pasaman Barat – Pembangunan Gudang Stadion dan Mushalla komplek GOR Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ...