Senin , 21 September 2020
Beranda - Covid19 - Alirman Sori : Dapatkan Informasi dari Sumber Resmi, Hindari Kepanikan
Alirman Sori
Alirman Sori

Alirman Sori : Dapatkan Informasi dari Sumber Resmi, Hindari Kepanikan

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Jakarta -Berbagai langkah terus dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Malahan, pintu gerbang keluar masuk orang dilakukan pemeriksaan secara ketat dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang masuk.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr. H. Alirman Sori mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk secara bersama – sama, bersatu dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Ikuti anjuran dari pihak berwenang, dapatkan informasi dari satu sumber resmi sehingga tidak menambah kepanikan.

Ajakan itu disampaikan anggota DPD RI asal Sumatera Barat ini seiring langkah pemerintah yang tengah berjuang secara maksimal menanggulangi penyebaran COVID-19 yang telah menjadi wabah pandemik global.

“Wabah COVID-19 ini merupakan sebuah bencana kesehatan, dan bukan Indonesia saja yang terkena. Untuk itu, adalah kewajiban kita bersama untuk bersatu padu memutus mata rantai penyebarannya,” ajak Alirman Sori, Sabtu (21/3/2020).


Artikel Lainnya

loading…


Alirman Sori mengapresiasi pemerintah dan pemerintah daerah yang telah mengambil langkah – langkah tepat dalam upaya pencegahan tersebut. Begitu juga, masyarakat hendaknya dapat mengikuti anjuran yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Membiasakan diri dengan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, membatasi interaksi langsung atau yang disebut social distancing merupakan langkah sederhana namun efektif untuk upaya pencegahan,” ujarnya.

Kemudian, Alirman Sori juga mengajak masyarakat untuk cerdas memahami sebuah informasi. Perhatikan sumber informasi, sebelum meyakini kebenarannya. Agar tidak menimbulkan kepanikan dan kegaduhan yang berdampak tidak baik terhadap kondisi sosial.

Alirman Sori juga mengapresiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah mengeluarkan fatwa, terkait pelaksanaan ibadah untuk umat muslim. Hendaknya masyarakat dapat memahami kondisi itu, karena menurutnya, apa yang diputuskan oleh MUI adalah demi keselamatan umat.

“Fatwa ini harus dibaca dan dipahami secara utuh, saya rasa langkah MUI sudah tepat demi keselamatan umat,” ulasnya.

Untuk informasi mengenai perkembangan upaya penanganan COVID-19, pemerintah telah membentuk gugus tugas. Juga telah diikuti oleh pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten/ kota. Masyarakat bisa mengikuti perkembangan terkini melalui informasi yang disampaikan oleh gugus tugas.

Alirman Sori mengajak masyarakat untuk sementara waktu mengurangi aktivitas di luar rumah dan sebaiknya mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Pemerintah daerah beserta seluruh jajarannya hingga ke desa, nagari dan kelurahan hendaknya proaktif mengedukasi masyarakat.

Terkait kondisi bahan pangan dan ketersediaan alat pelindung kesehatan, Alirman Sori meminta pemerintah untuk memastikan semua bisa terpenuhi. Pemerintah harus menjamin ketersediaan sembaki dengan harga yang normal.

Alat pelindung diri (APD) seperti masker, hand sanitizer serta disinfektan juga harus dipantau oleh pemerintah. Pastikan berbagai kebutuhan masyarakat tersedia dalam keadaan cukup dengan harga normal. Dalam hal ini, pemerintah harus benar – benar hadir untuk rakyat.

“Mari kita bersatu dalam mencegah penyebaran virus corona ini, berikhtiar dan bermohon kepada Allah agar bencana ini segera berlalu,” ajaknya.



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Siburman Rajo Hitam Dinobatkan Menjadi Raja Adat Air Haji

Spiritsumbar.com, setelah lama balipek (berlipat), akhirnya Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, ...