Sabtu , 25 September 2021
Depan - Berita Pilihan - Aksi Peduli Labor Menggurita, Gubernur Proses Cepat Bantuan

Aksi Peduli Labor Menggurita, Gubernur Proses Cepat Bantuan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Tim ‘Kawal Covid-19 Sumbar’ merupakan kelompok yang inten sejak pandemi covid 19 menerjang Sumbar.

Hari ini kembali terpanggil setelah viralnya tulisan di kertas putih di dinding kaca Lab FK Unand Jati tentang donasi untuk bantu Lab FK Unand.

Admin Group WhatsApp ‘Kawal Covid-19 Sumbar” Yul Akhiari Sastra mengumpulkan pers untuk mengungkapkan fakta bagaimana laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand atau dikenal juga sebagai Lab FK.

Yul Akhiari Sastra mengatakan laboratorium FK kondisinya SOS akibat tidak ada lagi bantuan Pemprov Sumbar.

“Ini sudah keterluan, Lab FK itu termasuk aset perang Sumbar bahkan beberapa provinsi untuk keluar dari pandemi covid yang sudah tahun kedua menggurita Sumbar dan Indonesia,” ujar Yul Akhiari Sastra Selasa 3 Agustus 2021.

Yul dan netizen miris bahkan semua netizen menangis begitu tahu Lab FK menggalang dana dalam kotak dobasi ke masyarakat.

“Gerakan kepedulian tak terbendung inisiatif netizen dan WAG Kawal Covid-19 menggagas aksi donasi, respon moril netizen luar biasa, hingga sore ini sudah lebih Rp 60 juta terkumpul,” ujar Yul didampingi Andri Rusta.

Bahkan kata Yul Akhiari Sastra, pemilik Wardah Cosmetic Nurhayati Subakat merespon dan meminta Andani Eka Putra membuat proposal.

“Allhamdulillah terima kasih ibu Nuhayati Subakat semoga ada donasi dari CSR ibu untuk Lab FK bisa terus bekerja mentesting atas tracing sample swab kepada pasien kontak erat, untuk memutus rantai penyebaran covid-19 yang setiap hari makin gahar menyasar siapa saja masyarakat Sumbar, ” ujar Yul.

Yul juga mendesak Pemprov Sumbar untuk merespon persoalan tanpa bantuan APBD Lab FK.

“Semua pasti ada solusinya, Gubernur Sumbar kalau mau pasti ada jalannya, tinggal berkordinasi dengan DPRD Forkompida dan BPK RI Sumbar untuk menyuntik anggaran,” ujar Yul.

Kepada masyarakat Sumbar silahkan peduli untuk berdonasi bantu Lab FK Unand ke Rekening Donasi atas nama Sari Lenggogeni 1110008888667 Bank Mandiri.

Sementara lewat keterangan secara virtual WR4 Unand Dr. Hefrizal Handra mengatakan bahwa Gubernur Sumbar langsung respon dan memproses bantuan untuk Lab FK.

“Informasinya Pak Mahyeldi. langsung respon dan memproses dengan mengambil anggaran tidak terduga di APBD Sumbar dan juga pak gubernur mengajak bupati dan walikota juga membantu Lab FK,” ujarnya.

Yul Akhiari Sastra menegaskan kalau ada respon Gubernur Sumbar terima kasihi meski telat. “Namun kami tetap menjalankan donasi untuk Lab FK Unand,” ujar Yul Akhiari Sastra.

Sekedar diketahui, Lab FK sebagai laboratorium resmi pemeriksa sample swab, untuk kebutuhan per bulannya Rp 3,7 miliar. (Rel)

Profil Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PON XX Papua 2021, Kontingen Sumbar : Papua Sangat Kondusif

SPIRITSUMBAR.com, Papua – Kondisi empat kluster kota dan kabupaten pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ...