Potret Kemeriahan Perayaan HUT RI ke 79 di Kota Padang Panjang

oleh

 

Padang Panjang, Spiritsumbar – Ribuan warga dari dalam dan daerah tetangga Kota Padang Panjang tumpah-ruah menyaksikan pawai alegoris di kota pelajar tersebut, Senin (19/8). Itulah puncak kemeriahan dari sekitar 30 kegiatan penunjang memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kota Padang Panjang.

Pawai alegoris di Padang Panjang, kota kecil 2 kecamatan, 16 kelurahan dengan penduduk kini sekitar 62.500 jiwa di pertigaan jalan darat jantung Pulau Sumatera itu, Senin, terbagi dua bagian. Pertama, pawai dengan berjalan kaki. Yang kedua, pawai kendaraan hias.

Bagian pawai jalan kaki sebagian diperkuat dengan penampilan marching band, setidaknya tercatat 30 regu, kebanyakannya dari sekolah umum/agama negeri dan swasta. Beberapa regu di antaranya datang dari daerah tetangga.

Begitu ramainya peserta pawai, Lapangan Anas Karim di pusat kota sebagai titik kumpul pesertanya terlihat penuh. Sekitar pukul 09.00 WIB regu pawai ini mulai bergerak bergiliran ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Terus, sesampai di Jalan Sudirman belok kiri dimana terdapat mimbar kehormatan di tepi jalan.

Di mimbar kehormatan itu hadir sejumlah pejabat teras Kota Padang Panjang, akademisi, BUMN/BUMD sampai tokoh masyarakat. Di antaranya, Penjabat (Pj) Walikota Sonny Budaya Putra; Ketua sementara DPRD periode 2024-2029, Imbral; Anggota Forkopimda; Pj.Sekda Dr.Winarno; Ketua MUI dan pengurus KAN.

Menarik dibaca