Ketua DPRD Sumbar Supardi: Festival Maek Upaya Mengejar Pengakuan Unesco

oleh

Padang, SPIRITSUMBAR.com – Menhir di Nageri Maek, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat sudah ada tahun 4000 Sebelum Masehi (SM).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi dalam Sosialisasi Festival Maek, di Ruang Khususnya 1 DPRD Sumbar, Selasa (9/7/2024).

Supardi menegaskan jika penelitian tentang menhir Maek ini tuntas bakal akan terjadi pergeseran sejarah tanah air. Karena, umur menhir Maek hanya berjarak 1000 tahun dengan sejarah Nabi Nuh as yang terjadi 5000 SM.

“Banyak penelitian sudah dilakukan berbagai Arkeolog. Meski belum terpublis secara detail, karena itu Situs Menhir di Maek masih kurang menarik bagi wisatawan,” ujarnya.

Berangkat dari berbagai masalah yang melingkupi Situs Maek ini, Ketua DPRD Sumbar Supardi berusaha membangkitkan Situs Maek dengan menggelontorkan anggaran pokirnya untuk menggelar Festival Maek dengan menggandeng Dinas Kebudayaan Sumbar.

“Kegiatan Festival.Maek merupakan mimpi yang tertunda. Karena sudah sejak lama direncanakan. Meski begitu, sudah berbagai kegiatan pembenahan infrastruktur menhir di Maek terus dilakukan secara bertahap,” ungkap Ketua DPRD Sumbar, Supardi .

Dia mengakui, saat ini situs Maek, masih kurang menarik bagi orang. Padahal, banyak misteri tersimpan di Maek yang harus diungkap.

Menarik dibaca