KI Sumbar Kukuhkan 2000 Duta KIP di HAKIN 2024

oleh

Payakumbuh, SPIRITSUMBAR.com – Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat (KI Sumbar) mengukuhkan 2000 Duta Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Pengukuhan 2000 orang Duta KIP tersebut sebagai momentum memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2024, pada Selasa 30 April 2024.

Duta KIP ini terdiri dari mahasiswa dan siswa dari kampus Unand, ITP, UNP dan PNP. Kemudian siswa SMA 2 Payakumbuh, SMA 3 Payakumbuh, SMA 2 Painan, SMA 2 Sungai Tarab, SMK 1 Lubuk Sikaping, MAN 2 Pessel dan MAN Insan Cendikia Padang Pariaman. Keempat kampus dan tujuh sekolah ini merupakan badan publik kategori Informatif.

Sebanyak 2000 orang Duta KIP ini dikukuhkan dalam beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak Senin, (29/4) di SMA 2 Payakumbuh, dan Selasa (30/4) di SMA 3 Payakumbuh.

Peringatan HAKIN dan Pengukuhan Duta KIP ini dihadiri oleh Komisioner KI Pusat, Rospita Vici Paulyn, Pj Walikota Payakumbuh, Jasman, Komisioner KI Sumbar, Musfi Yendra dan Tanti Endang Lestari, Kabid IKP Dinaskominfotik, Indra Sukma.

Pj Walikota Payakumbuh mengapreasi terdapat dua SMA sebagai badan publik yang Informatif di Payakumbuh, yaitu SMA 2 Payakumbuh dan SMA 3 Payakumbuh.

“Ini merupakan prestasi luar biasa dalam mengimplementasikan Undang-undang Keterbukaan Informasi, bahwa di Payakumbuh ada 2 SMA yang sudah informatif. Dan hari kita juga sudah mengukuhkan 220 orang siswa dan siswi kita yang menjadi Duta Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Menarik dibaca