Hari Tahu Cikal Bakal Kelahiran Komisi Informasi

oleh

Oleh: Musfi Yendra

Lahirnya Komisi Informasi secara internasional dilatarbelakangi dengan penetapan Hari untuk Tahu pertama kali dilakukan di Sofia, Bulgaria pada tahun 2002

Tepatnya tanggal 28 September, sebagai Hari untuk Tahu Sedunia. Sebuah Organisasi Kebebasan Informasi dari seluruh dunia membentuk jaringan Advokat Kebebasan Informasi (Jaringan FOIA).

Mereka kemudian sepakat untuk bekerjasama mempromosikan hak akses individu atas informasi dan pemerintahan yang terbuka dan transparan. Tanggal 28 September melambangkan gerakan global yang mendukung hak atas informasi. Kemudian berkembang mempromosikan kembali informasi data pemerintah dengan cara efektif dan menarik.

Penetapan Hari Untuk Tahu diharapkan menjadi momentum rakyat dan pemerintah dari seluruh dunia dapat mendukung dan menciptakan masyarakat yang demokratis, terbuka dengan pemberdayaan warga dan partisipasi penuh dalam pemerintah.

Tujuan Komisi Informasi

Kemudian di Indonesia Hari Hak untuk Tahu mulai diperingati sejak tahun 2011. Ada sembilan nilai yang diatur pada Hari Hak untuk Tahu tersebut. Yaitu, akses informasi merupakan hak setiap orang.

Informasi yang dirahasiakan adalah pengecualian, hak untuk tahu diaplikasikan di semua
lembaga publik, permohonan informasi dibuat sederhana, cepat, dan gratis, pejabat pemerintah bertugas membantu pemohon informasi.

Menarik dibaca