Fahmi Idris Profesor Kehormatan UNP, Irman Gusman: Harus Jadi Contoh Kaum Muda Minang

oleh

PADANG – Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode 2009-2016 mengucapkan selamat dan mengapresiasi pengangkatan dan pengukuhan Profesor Kehormatan Universitas Negeri Padang (UNP) dalam bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia untuk tokoh nasional asal Minang Dr Fahmi Idris, SE, MH, Sabtu (9/4/2022), di Auditorium Kampus UNP, Air Tawar Padang.

Menurut Irman Gusman, sosok Fahmi Idris harus menjadi contoh dan teladan bagi kaum muda Minang. “Walaupun di usia yang hampir 80 tahun, Bang Fahmi Idris itu tidak pernah mengenal berhenti untuk menimba ilmu, dan meng-update diri,” ujar Irman.

Sekaligus, sebut Irman, ini sebuah pesan bahwa proses itu tidak akan mengkhianati hasil. Semua kesuksesan dan keberhasilan itu, khususnya di bidang akademis, tidak bisa instan semata, harus ada perjuangan, kerja keras dan selalu belajar.

“Sejak mahasiswa saya sudah mengenal Bang Fahmi, ketika saya aktif di HMI Cabang Jakarta, dimana Bang Fahmi pernah menjadi ketuanya. Sebagai senior, Bang Fahmi itu sosok pejuang, atau warrior,” kata Irman, yang merupakan Ketua Pembina STMIK Indonesia Padang.

Fahmi Idris itu, kata Irman, merupakan pejuang Angkatan 66, melalui pergerakan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar (KAPPI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Kemudian dari Orde Lama ke Orde Baru, sampai ke Orde Reformasi. Dan sekarang ini tidak pernah berhenti berjuang, khususnya dalam bidang pendidikan.

“Bang Fahmi itu mempunyai penglihatan yang komprehensif, dan sosok yang multitasking. Beliau merupakan aktivis, pengusaha (entrepreneur), politisi, dan sempat menjadi Menteri Perindustrian di zaman pemerintahan Presiden SBY,” ungkap Irman.

Disampaikan Irman, sangat pantas UNP mengangkat dan mengukuhkan Fahmi Idris menjadi Guru Besar, atau Profesor Kehormatan. Menurutnya sosok Fahmi Idris harus bisa menjadi role model bagi orang Minang, khususnya kaum mudanya.

Dalam budaya Minang itu, sebut Irman lagi, bagaimana membangun karakter, integritas, percaya diri, kerja keras, dan pantang menyerah. “Semua itu ditunjukkan dengan sempurna oleh Bang Fahmi Idris, sebagai putra Minang,” tukas Irman.

Bagi Irman, Fahmi Idris merupakan seorang mentor dan sekaligus guru di dalam bidang politik dan usaha. Pernah aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), serta sama-sama menjalin kerjasama usaha dengan Johor Malaysia.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada Bang Fahmi, atas pengangkatan dan pengukuhan Profesor Kehormatan UNP ini,” pungkas Irman. (Rel)

Menarik dibaca