PPI Air Bangis Menuju Pangkalan Ikan Higenis

oleh

Pasaman Barat – Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang terletak di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, mulai berbenah.

Hal ini dilakukan setelah pengelolaanya beralih dari Pemkab Pasaman Barat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2017 silam.

Bahkan sejumlah renovasi hingga perbaikan fasilitas penunjang terus dikerjakan. Bahkan fasilitas utama sebagai penunjang pangkalan pendaratan ikan yang tersibuk di Sumatera Barat.

Kepala Pelabuhan Perikanan Wilayah II Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Hasnil Haris,S.Pi,M.Si mengatakan PPI Air Bangis Pasaman Barat terus berbenah menuju PPI higenis. sebelumnya PPI Air Bangis dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat.

“Setelah peralihan pengelolaan itu, kita secara bertahap membenah beberapa fasilitas PPI. Pada tahun 2018 lalu kita mulai memperbaiki fasilitas PPI Air Bangis,” ujarnya.

Ia merinci. Sejumlah fasilitas yang dimiliki PPI Air Bangis. Diantaranya, dermaga dan turap, terdiri dari fasilitas kolam pelabuhan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), SPDN, pabrik es, cold storage, dan workshop. Juga, perbaikan alat,kantor pelabuhan, jalan kompleks, dan pos

Menarik dibaca