Beranda - DPD RI - 91,92 Persen Tersalurkan, Anggota DPD-RI Puji BLT Dana Desa Sumbar
Alirman Sori dan Syafrizal Ucok
Alirman Sori dan Syafrizal Ucok

91,92 Persen Tersalurkan, Anggota DPD-RI Puji BLT Dana Desa Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Provinsi Sumbar, yang sudah mencapai 91,92 persen. Angka ini jauh di atas pencapaian rata-rata nasional yang baru 70 persen.

Capaian itu mendapat apresiasi dari Anggota DPD-RI Dr. H. Alirman Sori, SH.MH.,M.Hum. usai mendengarkan paparan Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., di Jalan Pramuka Raya No. 13 Belanti, Padang, Selasa (2/6/2020).

Menurut Alirman Sori, pola percepatan yang dilakukan Sumbar patut menjadi contoh nasional. Yaitu, kebersamaan seluruh elemen di nagari/desa. Dengan arahan dari Dinas PMD Provinsi dan bupati/walikota, para walinagari mendapat dukungan dari ninik mamak, ulama, bundo kandung dan pemuda.

“Pola baiyo batido yang merupakan kearifan lokal Minangkabau sangat membantu dalam musyarawah nagari. Khusus, untuk menentukan penerima BLT Dana Desa serta mengecek supaya tidak terjadi penerimaan ganda,” ujar Alirman Sori, senator Dapil Sumatera Barat.


“Peran ninik mamak yang tahu dengan anak kemenakannya, sangat membantu dalam percepatan pendataan sehingga berdampak pada percepatan penyaluran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal Ucok menyebutkan, bahwa capaian penyaluran BLT Dana Desa Sumbar 91,92 persen adalah hasil kerja keras semua pihak. Terutama walinagari bersama perangkatnya dan tenaga ahli pendamping profesional dana desa. Serta Pendamping dana desa di seluruh nagari.



“Tenaga ahli pendamping dana desa ini ada yang sampai tidak tidur-tidur demi percepatan penyaluran BLT Dana Desa ini,” kata Syafrizal Ucok yang didampingi Korprov Pendamping Profesional Dana Desa Ir. Feri Irawan, M.Si.

Dengan capaian penyaluran BLT Dana Desa sebesar 91,92 persen ini, berarti sudah 853 nagari/desa yang sudah tuntas penyaluran BLT. Uang yang dikucurkan mencapai Rp92,8 miliar yang diterima oleh 129.223 Kepala Keluarga.

Kunjungan kerja Anggota DPD-RI Alirman Sori ke Sumbar, berlangsung ke beberapa OPD dan kabupaten/kota. Khusus di Dinas PMD fokusnya adalah Pengawasan Penyaluran BLT dan Bansos di Sumbar. (Rel)

Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Komite II DPD RI Lakukan Pengawasan Empat Undang-Undang

Spiritsumbar.com, Jakarta – Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka pengawasan pelaksanaan ...