Beranda - Covid19 - 22 Orang Warga Padang Panjang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19
FP, pasien ke 23 Kota Padang Panjang dinyatakan sembuh dari covid-19. (foto kominfo - spirit sumbar)
FP, pasien ke 23 Kota Padang Panjang dinyatakan sembuh dari covid-19. (foto kominfo - spirit sumbar)

22 Orang Warga Padang Panjang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang Panjang – Ungkapan syukur terucap dari warga Kota Padang Panjang, sebab jumlah pasien covid-19 yang sembuh terus meningkat menjadi 22 orang. Sebanyak 14 orang diantara yang sudah negatif itu adalah tenaga medis RSUD Padang Panjang, Sumatera Barat.

Menurut Kepala DKK Padang Panjang, Nuryanuwar, kepada Spiritsumbar, satu orang negatif hasil swab yang diterima dari labor biomedic Fakultas Kedokteran Unand, Rabu, 27/5/2020 adalah FP, anggota Satpol P, pasien ke-23 beralamat di Kelurahan Kampung Manggis, kota itu.

Dia menambahkan, Selasa kemaren juga ada 3 pasien covid-19 yang sembuh, seorang diantaranya adalah petugas kesehatan. Dengan begitu seluruh nakes RSUD Padang Panjang (14 orang) yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, tenaga labor, petugas keamanan RS yang dinyatakan positif setelah tertular dari seorang pasien 1 Mei silam dinyatakan sembuh dari covid-19.

Nuryanuwar yang juga juru bicara bidang Kesehatan PPVC setempat berharap 1 warga positif covid yang diisolasi di RSUD, dan 2 orang lainnya yang dirawat di BPPP Provinsi di Padang, cepat sembuh untuk bisa pulang ke rumah masing-masing.


Hingga kini sudah 1.073 warga menjalani uji swab. Hasil yang sudah diterima sebanyak 918 dari labor Unand. Positif covid-19 berjumlah 25 orang, (kini tinggal 3 orang menyusul sembuh 22 orang). Negatif 891 orang, inconclusif (diragukan) 2 orang dan masih menunggu hasil 155 orang.



Seperti yang diberitakan Spiritsumbar sebelumnya, merebaknya covid-19 di Kota berjuluk Serambi Mekah itu berawal dari tertularnya 14 orang nakes. Setelah dilakukan tracing dan tracking, seribuan lebih warga terpaksa di swab test karena pernah kontak fisik dengan pasien RSUD yang menularkan kepada 14 nakes, kemudian terhadap orang yang tertular dari nakes dan turunanya secara berantai.

Walau pasien covid sudah melandai, swab test tetap berlanjut khusus pada pengembangan 2 kasus terakhir yang menimpa karyawan AB Mart, RF dan ME, yang kini sedang menjalani karantina. Jumlah yang akan di swab tergantung hasil tracking dari surveilans nanti, papar Nuryanuwar.

Kesembuhan 22 warga dari virus mematikan yang berasal dari Kota Wuhan Tiongkok ini, turut disyukuri Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Wawako Asrul, Sekdako Sony Budaya Putra, dan jajaran. Lebih lagi Direktur RSUD Padang Panjang.

Untuk memutus rantai penyebaran covid-19, Wako Fadly melalui Kadis Kominfo, Ampera Salim, menghimbau masyarakat agar dapat menyesuaian diri dengan protokol kesehatan covid-19. Hindari kontak fisik, jaga jarak minimal satu meter, selalu pakai masker, jaga kebersihan diri dan lingkungan, dan bila tidak ada keperluan yang sangat penting jangan keluar rumah. (yetti harni)
Tip & Trik

loading…


<<< Sebelumnya

Selanjutnya>>>



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

DPD RI dan Parlemen Korea Selatan Pererat Kerjasama Bilateral

SPIRITSUMBAR.COM, Jakarta – DPD RI menyambut baik hubungan yang makin erat antara Pemerintah Indonesia dengan ...