Beranda - Headline - Yayasan Darianis Yatim Ringankan Beban Keuangan Daerah
Wakil Walikota Solok, Reinier, Ketua DPRD, Yutriscan, Perwakilan Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh, Kadis Pendidikan, Yohariza Rosavella membuka selubung peresmian Masjid At Taqwa di SMP N 3 Kota Solok (foto Eri / Spirit Sumbar)
Wakil Walikota Solok, Reinier, Ketua DPRD, Yutriscan, Perwakilan Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh, Kadis Pendidikan, Yohariza Rosavella membuka selubung peresmian Masjid At Taqwa di SMP N 3 Kota Solok (foto Eri / Spirit Sumbar)

Yayasan Darianis Yatim Ringankan Beban Keuangan Daerah

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Solok Kota – Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi terhadap Yayasan Darianis Yatim. Aktifitas yayasan milik Yenon Orsa ini  ternyata mampu meringankan beban keuangan daerah terutama dalam mewujudkan Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah. Hal itu diungkapkannya saat peresmian Masjid At Taqwa di kompleks SMPN 3 Kota Solok, Jumat (24/1/2020).

“Tanpa disadari ternyata yayasan Darianis Yatim telah ikut meringankan beban keuangan daerah. Yayasan ini telah membangun 20 masjid dan kalau dikalkulasikan, yayasan ini telah menggelontorkan dana paling sedikit 30 miliar. Bandingkan dengan Pemko Solok melalui APBD yang hanya mampu membangun satu masjid pertahun dengan anggaran 3 sampai 4 miliar,” ujar Yutriscan.

Lebih jauh dikatakannya, hal seperti ini tidak terjadi di daerah lain. Pak Yenon Osra, sebagai alumni SMPN 3 Kota Solok, sangat ingin pembangunan akhlak generasi muda, dan pembangunan itu  dimulai dari masjid. Sehingga, komitmen Kota Beras Serambi Madinah, tidak hanya sekadar slogan.

Simak Video : Ekspresi Guru Honor Dapat Hadiah Motor



Diingatkannya, semakin ramai rumah ibadah dikunjungi, maka keberkahan dari Allah akan turun, lantaran itu, ia berharap pihak SMPN 3 Kota Solok, bisa menjalin kerja sama yang erat dengan masyarakat sekitar. Sehingga, masjid tersebut bisa menjadi kebanggaan dan pusat ibadah bagi masyarakat sekitar.

Artikel Lainnya

loading…


Perwakilan Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh menegaskan, aktifitas Yayasan Darianis Yatim murni untuk kegiatan ibadah dan tidak ada sangkut pautnya dengan dunia politik.

Baca : Infrastruktur Jalan Buruk, Kepsek Pilih Jadi Guru Biasa

Yayasan Darianis Yatim berdiri sejak 2011, yayasan ini dalam melakukan kegiatan  semata-mata sebagai bentuk tanggung jawab seorang putra Kota Solok untuk membawa Kota Solok menuju kota yang diberkahi. “Kami berharap, apa yang telah kami lakukan, senantiasa  mendapatkan dukungan dari masyarakat, pemerintah dan DPRD,” ujar Rusdi Saleh.

Dikatakannya Masjid At Taqwa di SMP N 3 Kota Solok ini adalah masjid ke 20 yan dibangun Yayasan Darianis Yatim. Saat ini yayasan juga membangun masjid di RSU M.Natsir dan telah siap 50 persen. Jika masjid di RSU M.Natsir itu telah rampung maka paihak yayasan akan membangun masjid di SMP N 6, SMP N 5, SMP N 4 dan SMP N2 Kota Solok.

Disamping membangun masjid, kata Rusdi Saleh, pihak yayasan juga berpartisipasi membantu biaya pendidikan bagi keluarga kurang mampu. Tahun ini Yayasan Darianis Yatim mengirim 4 orang siswa untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar Mesir.

Sementara itu,Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok, Alizar Chan, yang diwakili Afrizen, mengungkapkan Masjid At Taqwa di SMPN 3 Kota Solok, merupakan masjid ke-57 di Kota Solok. Afrizen mengungkapkan Kemenag Kota Solok sangat mengapresiasi ketulusan Yayasan Darianis Yatim dalam mewujudkan kondisi agamis di Kota Solok.

“Keberadaan Masjid At Taqwa SMPN 3 Kota Solok ini, sudah kami laporkan ke Kanwil Kemenag Sumbar. Dari Kemenag Kota Solok sendiri, kita siap memberikan dukungan penuh. Misalnya, dalam penyediaan Ustadz dan Ustadzah pada setiap kegiatan-kegiatan agama di sini,” ungkapnya.

Wakil Walikota Solok, Reinier saat merismikan Masjid At Taqwa mengatakan, pembangunan masjid yang dilakukan Yayasan Darianis Yatim ini sangat mendukung upaya Pemerintah Kota Solok meembangun kehidupan keagamaan. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu cara menjadikan Kota Solok sebagi Kota Beras Serambi Madinah.




Pada kesempatan itu ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh SMP se Kota Solok yang telah melakukan kegiatan tahfiz di sekolah-sekolah. “Apa yang telah dibangun ini, hendaknya dimanfaatkan, dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Kepada para murid, jadikanlah masjid ini sebagai  alat memperkokoh keagamaan dan membentengi diri dari perilaku negatif,”kata Reinier. (eri)

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Irman Gusman : Prilaku Birokrat Hambat Investasi ke Sumbar

Spiritsumbar.com, Jakarta- Sumatera Barat sebagai gudang tokoh nasional maupun internasional tidak hanya untuk masa lalu. ...