Beranda - Covid19 - Walinagari Atau Lurah Harus Proaktif Tenangkan Warga
Leonardy Harmainy
Leonardy Harmainy

Walinagari Atau Lurah Harus Proaktif Tenangkan Warga

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Jakarta – Masyarakat di seluruh pelosok Sumbar khususnya dan Indonesia umumnya pasti menanti langkah-langkah positif dari pemerintahnya. Walinagari/lurah beserta perangkatnya harus proaktif menenangkan masyarakatnya.

Sebagai garda terdepan bagi pemerintah dalam pelayanan masyarakat, walinagari/lurah beserta perangkatnya diminta mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan wabah Covid-19. Walinagari bisa menggunakan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Lurah pun dapat menggunakan dana kelurahan.

“Walinagari/lurah jangan hanya menunggu instruksi atau bantuan dari atas. Ambil langkah-langkah kecil tapi berdampak besar. Misal dengan menyebarkan info positif terhadap warga, juga memberdayakan warganya membuat masker kain,” ujar Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH. dalam Rapat Pleno Komite I DPD RI, Senin 6 April 2020.



Walinagari sembari menunggu keputusan pemerintah bisa memanfaatkan ibu-ibu rumah tangga di daerahnya untuk membuat masker dari kain. Masker-masker ini yang dibagikan ke masyarakat dibandingkan menunggu masker dari pemerintah atau lembaga yang peduli. Manfaatkan masa-masa harus berdiam diri di rumah dengan sebaik-baiknya.

Baca : Guru WFH kok Cemburu

Dengan banyaknya masker kain buatan ibu-ibu rumah tangga, harga masker kain yang dijual cukup mahal saat ini dan harga masker buatan pabrik pasti akan turun drastis, biarkan masker buatan pabrik itu untuk tenaga medis dan paramedis yang berjuang bagi kesembuhan saudara kita yang positif terkena corona. Leonardy mengajak masyarakat optimis akan keberhasilan kebersamaan dan turut serius dalam penanganan wabah Covid-19 atau korona.

Leonardy mencontohkan, Cekoslowakia yang awalnya menganggap sepele gerakan memakai masker akhirnya harus memakainya setelah diwajibkan oleh pemerintah. Bahkan kaum ibu lansia diberdayakan membuat masker-masker kain. (Salih/rel)

Baca : Antisipasi Covid 19, Wagub Sumbar : Masyarakat Jangan Main Main

Sebelumnya >>> DPD RI Tegaskan, Kebutuhan APD Tenaga Medis Hal Mendesak


 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pimpinan DPD RI Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Spiritsumbar.com, Jakarta – Nono Sampono menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Gedung Nusantara ...