Beranda - Berita Pilihan - Wali Nagari Harus Kerjasama dengan Pihak Keamanan

Wali Nagari Harus Kerjasama dengan Pihak Keamanan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir menghadiri pelantikan wali nagari, di Auditorium Dharmasraya Jum’at (14/12/2018)

Para wali  nagari hasil Pilwana (Pemilihan Wali Nagari) serentak di Kabupaten Dharmasraya pada November lalu tersebut, diambil sumpahnya oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Juga hadir, Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Tiga wali nagari tersebut yakni Zainal Arifin sebagai Wali Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai, Eko Noris sebagai Wali Nagari Koto Besar Kecamatan Koto Besar dan Arif Gumensa sebagai Wali Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang.

Selain itu, disaat bersamaan bupati juga turut melantik Wali Nagari Antar Waktu Ranah Palabi, Salman Al Farisi untuk masa jabatan 2012-2022.

Prosesi pelantikan yang dilaksanakan Mengawali sambutannya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan selamat kepada wali nagari terpilih yang telah mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat dengan perolehan suara terbanyak.  Pilwana serentak yang dilakukan pada 28 November lalu. Juga kepada wali nagari antara waktu Ranah Palabi yang terpilih melalui musyawarah nagari pada hari yang sama.

Bupati Dharmasraya berharap, wali nagari yang baru saja dilantik tidak larut dalam euforia kemenangan, tetapi harus mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat. Karena wali nagari menjadi pemimpin seluruh masyarakat dan bukan pemimpin sebagian kelompok saja.

“Tugas berat telah menanti saudara semua. Merajut dan menanam semangat kebersamaan dalam keragaman di tengah-tengah masyarakat. Jaga dan terus peliharaan, agar keamanan dan ketertiban masyarakat senantiasa dalam situasi kondusif dengan masyarakat kita terkotak-kotak. Sebentar lagi kita juga akan melaksanakan pilpres dan pileg, tentu sangat menuntut kita semua untuk lebih mampu menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat,” ujar bupati.

Wali nagari juga diminta rajin turun ke lapangan untuk memastikan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran dan berjalan dengan baik. Karena hal ini akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat pada kinerja seorang wali nagari.tegas Bupati Dharmasraya.

Sementara itu Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir seusai acara yang di temui awak media mengatakan dengan di lantik nya wali Nagari ini.semoga kedepannya memberikan kenyamanan dan saling kerja sama dengan pihak keaman kususnya anggota Babinmas yang ada di Nagari dalam keamanan kamtibmas menjelang pemilu 17 April 2019.

Dia mengemukakan,  akan terus memantau akun media sosial (Medsos) yang ditengarai menyebarkan berita atau informasi palsu (hoax) yang dapat memprovokasi masyarakat di tengah tahapan pelaksanaan pemilu 2019 mendatang.

“Kami pantau lebih intensif karena aktivitas di media sosial menjelang pemilu serentak ini kian mengkhawatirkan,” Jangan sampai gara-gara politik kita bisa tidak baik antara sesama keluarga, agama, teman dan lainnya,” Mari kita sama sama menjalin persatuan dan keamanan di sekitar kita tegas Kapolres Dharmasraya (eko)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Disdikbud Pessel Gelar Diklat Asesor PKG

SPIRITSUMBAR.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan jumlah asesor Penilaian Kinerja Guru (PKG), Dinas Pendidikan dan ...