Beranda - Pariwisata - Event - Wakili Sumbar, Siswa SMKN 7 Padang ke Aceh

Wakili Sumbar, Siswa SMKN 7 Padang ke Aceh

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Rombongan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 7 Padang, Sumatera Barat bertolak ke Aceh, Sabtu (25/8/2018).

Rombongan yang terdiri dari 16 orang tersebut akan berkompetisi membela Sumatera Barat di ajang Festival Lomba Seni dan Sastra Nasional (FLS2N) tahun 2018.

Wakil Kepala Bidang Kehumasan SMKN 7 Padang, Agrijum menyebutkan, siswa yang diberangkatkan terdiri dari penari, penata musik dan penata panggung serta guru pendamping. SMKN 7 Padang menjadi Juara I pada FLS2N tingkat Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu lalu sehingga berhak mewakili Sumatera Barat untuk FLS2N tingkat nasional.

“Penari terdiri dari lima orang, ditambah pemusik yang diambil dari anak-anak jurusan karawitan serta penata panggung dari anak-anak teater,” katanya.

Para siswa akan didampingi tiga orang guru yaitu Alfita sebagai pembimbing tari, Devi Hasri sebagai pembimbing karawitan dan Yummartyas sebagai pembimbing teater.

Siswa SMKN 7 Padang dalam ajang bergengsi bidang seni dan sastra siswa SMA dan SMK tingkat nasional ini nantinya akan menampilkan Tari Puti Bungsu. Menurut salah seorang penari yang juga bertindak sebagai penata tari (koreografer), Desvy Sagita Ramadhyanti, tema yang diangkat ke dalam gerak tari tersebut mengambil kisah tentang pertemuan seorang bidadari dengan seorang pemuda Minang bernama Malin Deman.

“Cerita rakyat ini menarik sehingga dituangkan ke dalam gerak tari,” ungkap Desvy.

Dia menambahkan, gerak tari Puti Bungsu yang dimainkan, sarat dengan seni gerak silat tradisional Minangkabau yang ditata sedemikian rupa sehingga melahirkan gerak tari yang indah. Cerita Puti Bungsu menurutnya merupakan pertemuan dua insan berbeda alam sehingga tata musik dan panggung sedikit sarat dengan nuansa mistik.

Ketua Komite SMKN 7 Padang Ismart Welly mengapresiasi prestasi yang dicapai tersebut. Dia berharap, keberangkatan siswa SMKN 7 Padang ke Aceh mampu meraih prestasi yang membanggakan.

“Tunjukkan kemampuan terbaik di ajang nasional tersebut. Jaga nama baik sekolah dan nama baik daerah,” pesannya.

Sekretaris Komite SMKN 7 Padang, Febry Chaniago mengharapkan, agar para siswa yang akan tampil dapat menjaga stamina. Menjaga pola makan dan istirahat sangat penting agar dapat berkonsentrasi dan tampil dengan baik.

“Jaga stamina untuk penampilan terbaik. Konsentrasi untuk meraih prestasi,”ulasnya.

Dia berharap, penampilan siswa SMKN 7 Padang di ajang nasional tersebut menyumbangkan prestasi untuk daerah. Selain itu, juga sekaligus sebagai ajang promosi dan pembuktian bahwa SMKN 7 Padang layak menjadi yang terdepan dalam bidang seni. (rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tim Ramadhan Serahkan Bantuan untuk 75 Masjid dan Musholla

SPIRITSUMBAR.com – Sebanyak 25 Tim Ramadhan Kota Sawahlunto mulai bergerak mengunjungi 75 masjid dan mushola ...