Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Wakafkan Masjid, Syaikh Ahmad Dayooh Juga Doakan Warga Kota Padang

Wakafkan Masjid, Syaikh Ahmad Dayooh Juga Doakan Warga Kota Padang

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Masjid Ali Bin Said yang dibangun dari waqaf dihimpun World Asembly Muslim Youth (Wamy) di Komplek Permata Surau Gadang, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Padang, diresmikan penggunaannya, Sabtu (23/11/2019).

Peresmian ini ditandai dengan Shalat Magrib berjamaah dan diakhiri dengan makan bersama. Dikesempatan itu, Wamy juga menyerahkan bantuan 20 buah al Quran yang dibawa langsung dari Saudi Arabia.

“Setiap muslim itu bersaudara. Dalam bingkai tauhid, semua harus saling membantu dalam iman dan taqwa. Tak membedakan suku dan golongan,” kata perwakilan Wamy, Mohammed Ahmed Dayooh melalui penterjemah yang juga pengurus Wamy pusat, Syamsudin.



Ahmed Dayooh mengharapkan, masjid ini dimanfaatkan untuk shalat berjamaah. tadabur ilmi, taklim dan ibadah lainnya. “Yang terpenting, menjadikan masjid ini untuk mendidik anak agar mencintai al Quran,” harapnya.

Artikel Lainnya

loading…


“Semoga allah meridhoi kita semua, untuk beribadah di masjid ini,” tambahnya.

Di mata Ahmad Dayooh, Sumbar ini merupakan daerah yang baik. Laksana kepingan surga di dunia. “Tumbuhannya sangat hijau dan air hujan yang suci kerap turun ke bumi. Mari kita syukuri nikmat yang tak terhingga dari Allah ini,” tukasnya.

Dia menyebut, pewaqah utama dalam pembangunan Masjid Ali bin Said ini adalah Syaikh Ali Alghamidi. “Usia beliau sudah tua. Sehingga tak bisa hadir ke Sumbar. Masjid ini diniatkan beliau untuk hadiah bagi orang tuanya. Semoga Allah meridhoi,” tukasnya.

Syaikh Ahmad Dayooh juga mendoakan Pemko Padang berikut warganya, selalu dalam lindungan Allah Azza Wa Jalla. “Kemudahan dalam pengurusan alih fungsi tanah ini jadi lokasi rumah ibadah, dibalas Allah dengan menjadikan negeri ini penuh rahmat,” tukasnya.

Bersama Syaikh Mohammed Ahmed Dayooh, juga hadir utusan Wamy lainnya yakni Salem Abdullah Abdul Wahed dan Syamsudin (Wamy Indonesia), Faridansyah (Wamy Sumatera Barat) dan rombongan.

Juga hadir dua orang anggota DPRD Padang, Jafar dan Faisal Nasir. Sedangkan Wali Kota Padang diwakili Lurah Surau Gadang, Irzal, Zulkifli (ketua RW 1 Kelurahan Surau Gadang), Yos Nofrizal (ketua pengurus Masjid Ali Bin Said) dan tamu undangan lainnya.

Sementara, Irzal mengatakan, kehadiran Masjid Ali bin Said ini menambah jumlah rumah ibadah di Kelurahan Surau Gadang. “Sebelumnya, baru ada 21 masjid di Kelurahan Surau Gadang ini. Dengan bertambah 1 lagi maka kini jadi 22 masjid,” ungkapnya.

Kehadiran Masjid Ali Bin Said ini, diharapkan Irzal, mendukung program Pemko Padang dibidang keagamaan seperti magrib mengaji, program 18.21 dan lainnya.

Telah Register di Kemenag

Sementara itu, Ketua RT 07 RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Padang, Husni Jamal mengucapkan terima kasih atas bantuan Wamy dalam mewujudkan harapan 200 orang warga Perumahan Permata Surau Gadang terhadap keberadaan sebuah rumah ibadah.



“Pada Ramadhan 1440 H lalu, masjid ini telah digunakan untuk aktifitas shalat tarwih, qiyamul lail dan lainnya. Kepengurusan masjid ini juga telah terbentuk dan didaftarkan di Kemenag Padang,” ungkap Husni dalam sambutannya.

Husni juga menyampaikan terimakasih pada Pemko Padang, yang telah mengizinkan alih fungsi tanah cadangan pengganti (TCP) jadi fasilitas sosial. (Salih/Rel)

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Irdinansyah : Direktur PDAM Harus Bisa Bikin Terobosan

SpiritSumbar.com, Tanah Datar – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami merupakan salah satu perusahaan ...