Beranda - Headline - Usut Tuntas Kerusuhan Jelang Pencoblosan
Kapolda Sumbar, Brigjen Pol. Bambang Sri Herwanto bersama Pj. Bupati Dharmasraya Syafrizal Ucok - Eko/Spirit Sumbar

Usut Tuntas Kerusuhan Jelang Pencoblosan

Print Friendly, PDF & Email




Spirit Sumbar – Kapolda Sumbar, Brigjen Pol. Bambang Sri Herwanto bersama Bupati Dharmasraya, H Syafrizal, Jumat 4 Desember 2015, menggelar rapat kordinasi Forkopimda di kabupaten berjuluk petrodolar.

Pada rapat beragendakan persiapan Pilkada itu, Kapolda Bambang menagih komitmen Pilkada Damai kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada di kabupaten berjuluk petrodolar itu.

Di hadapan dua Paslon Kepala Daerah itu, Kapolda Bambang lebih jauh mengatakan, sebelum pelaksanaan kampanye, telah dilakukan penandatanganan komitmen untuk melaksanakan Pilkada damai dan badunsanak. Semua pihak, termasuk Dua Paslon dan timnya beserta aparat keamanan ikut membubuhkan tandatangan di atas kertas bermeterai dan disaksikan masyarakat luas. “Malah dua kali dilakukan, di Polres dan di KPUD,” tukuk Bambang.

Namun kenyataannya, lanjut Bambang, saat dimana pencoblosan tinggal lima hari lagi, telah terjadi tujuh insiden yang menciderai Pilkada damai. “Komitmen itu mengandung tanggung jawab moral untuk kita wujudkan,” tegas Bambang.

Karena itu, Bambang akan mengusut pelaku dan motif kejadian yang sudah menciderai Pilkada damai di kabupaten yg populer disebut Ranah Cati Nan Tigo ini. Dijelaskan Bambang, Pilkada merupakan proses politik yg digerakkan oleh Paslon kepala daerah bersama timnya dalam rangka mengimplementasikan demokrasi. Sebagai motor penggerak proses politik ini, Paslon kepala daerah harus punya komitmen untuk menjalankan Pilkada damai. Paslon harus menggunakan cara cara terpuji untuk mencapai kemenangan.

“Paslon yang tidak menggunakan cara cara terpuji dalam pikkada, sesungguhnya Paslon tersebut tidak layak untuk menjadi pemimpin. Jika dalam Pilkada ini semua pihak tidak menggunakan cara cara terpuji, maka hasilnya juga tidak akan baik. Jangan sampai Pilkada ini ditumpangi dengan kepentingan sesaat,” papar Kapolda.

Oleh karena itu, supaya proses demokrasi ini berjalan dengan baik, maka berikan rasa aman bagi masyarakat untuk memilih siapa pemimpin mereka. Dengan demikian akan terpilih pemimpin sesuai dengan kehendak rakyat. Mereka harus dijamin aman dalam menggunakan haknya untuk berdemokrasi. Jangan sampai demokrasi cidera okeh kepentingan sesaat.

Untuk mewujudkan rasa aman bagi masyarakat dalam mnggunakan hak pilih mereka, Kapolda Bambang berjanji akan mengusut tuntas tujuh kejadian termasuk perusakan rumah dan mobil yg terjadi sebelumnya. “Siapapun yang mengganggu keamanan sebelum dan sesudah Pilkada, akan saya angkat dan saya usut. Siapapun dia, termasuk anggota saya. Itu semua saya lakukan karena saya cinta Dharmasraya. Saya sayang Dharmasraya,” tegas Bambang.

Sementara itu, Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen, menyatakan KPU akan melaksanakan Pilkada secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun jajaran KPU sudah menyusun prosedur sedemikian rupa untuk menutup semua celah yg bisa menjadi penyebab kecurangan, namun masih saja ada peluang kecurangan yg bisa saja dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu. Oleh karena itu, semua pihak diminta untuk berkomitmen melaksanakan Pilkada dengan sebaik baiknya.

Dari Kubu Paslon Suka Aman yang diwakili Defri Nur Anwar mempertanyakan kebijakan KPUD Dharmasraya yang telah memberikan izin pemindahan lokasi kampanye Paslon AG-JOS dari lapangan Pulau Mainan ke lapangan Koto Agung. Pasalnya, sehari sebelum jadwal kampanye AG-JOS di Koto Agung, pihak Paslon Suka Aman berkanpanye ditempat yang sama. “Pihak kami merasa terganggu pak,” jelas Defri.

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, SH. M.Si, menjelaskan izin yang diberikan kepada Paslon AG-JOS untuk berkampanye di lapangan Koto Agung sudah melalui rapat pleno KPUD atas permintaan tim Paslon AG-JOSS. Hal tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Pemenangan Paslon AG-JOS, Masrigi Rajo Lelo, mengharapkan agar tujuh kejadian intimidasi kepada tim pemenangan maupun pendukung dan simpatisan AG-JOS harus diusut tuntas. Masalahnya, waktu sudah mepet dan pihaknya tidak merasa aman untuk melaksanakan Pilkada damai. “Ini sangat mengganggu aktifitas kami dalam mewujudkan Pilkada damai,” imbuh Ketua DPD Partai Demokrat ini.

Menanggapi hal itu, Kapolda Bambang menegaskan, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut agar dipercayakan sepenuhnya kepada aparat keamanan. Aparat akan segera menemukan. “Kita akan segera menindaklanjutinya,” tegas Bambang. Ia menghimbau agar masyarakat membantu polisi dalam mengungkap masalah ini dan kepada pelakunya juga dihimbau agar menyerah baik-baik.

Sementara itu Bupati Syafrizal mengharapkan agar semua pihak tidak terpancing dengan isu dan insiden-insiden yg terjadi dalam beberapa hari ini. Dengan dukungan aparat keamanan, kejadian yg tak terduga itu diharapkan tidak akan terjadi lagi. Masyarakat tidak perlu ragu datang ke TPS saat jadwal pemungutan suara tiba. “Aparat keamanan akan menjaga kita. Ndak usah ragu dan takut,” kata bupati yg karib disapa Ucok Painan itu.

Ia juga menghimbau agar semua stake holders Pilkada saling bahu membahu untuk mewujudkan Pilkada damai dan badunsanak. Komunikasi dan koordinasi harus terus diintensifkan. Jangan sampai ada permasalahan yg semestinya segera dapat diselesaikan tidak terdeteksi, sehingga menyulitkan semua pihak dalam menyelesaikan masalah. “Kita semua punya peran penting dalam hal ini,” tegas Bupati.

(EKO)

Baca juga: Dharmasraya Apresiasi Kampus III Unand

Lebih Lengkap, Baca:

The Public Edisi 05/Th. III/ 07 - 14 Desember 2015 (Terbit Tiap Senin)
The Public Edisi 05/Th. III/
07 – 14 Desember 2015
(Terbit Tiap Senin)
loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai menciptkan gol ke gawang Vanuatu (foto pssi)

Sarangkan 6 Gol, Timnas Indonesia Begitu Perkasa Bagi Vanuatu

SPIRITSUMBAR.com – Timnas Indonesia senior sukses mencukur Vanuatu dengan 6 gol tanpa balas pada laga ...