Beranda - Pariwisata - Destinasi - Tumpukan Sampah Rusak Keindahan Pantai Air Bangis
Pantai Air Bangis, Pasaman Barat (foto Buyung)
Pantai Air Bangis, Pasaman Barat (foto Buyung)

Tumpukan Sampah Rusak Keindahan Pantai Air Bangis

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Air Bangis – Dinas Lingkungan Hidup Pasbar seakan tutup mata terkait sampah di lokasi objek wisata Pantai Air Bangis dan Pantai Pulau Pigago Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Pantauan The Public, Rabu (28/6/2017), di objek wisata pantai tugu Air Bangis, Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah. Namun, pantai yang menjadi merupakan salah satu destinasi wisata Pasaman Barat itu terlihat tak enak di pandang mata.

Sampah berserakan hampir di sepanjang pantai. Bahkan, tumpukan sampah berada dimana – mana seperti sampah plastik makanan siap saji dan botol plastik minuman mineral.

Di lokasi Pantai Tugu Air Bangis bisa dipastikan tidak adanya tong sampah yang disediakan oleh Pemkab Pasaman Barat. Petugas kebersihan juga tidak terlihat, untuk mengakomodir sampah yang berserakan.

Sementara di objek wisata Pulau Pigago yang terletak di gugusan pulau Air Bangis tak luput dari persoalan sampah. Hampir di setiap sudut pantai hingga air laut tercemar oleh tumpukan sampah. Pada kawasan ini, juga didominasi sampah plastik dan botol air mineral.

Tidak hanya persoalan sampah, kebutuhan penunjang lainya seperti MCK tempat ganti pakaian jauh dari layak di Pulau Pigago ini. Malahan hanya seadanya, berdinding terpal dan susunan pelepah pohon Kelapa. Padahal kebersihan menjadi tolak ukur bagi para pengunjung yang datang berlibur ke objek wisata tersebut.

Rudi Anggara pengunjung asal Ranah Batahan mengatakan pihaknya tiap tahun menjadikan objek wisata Pantai Air Bangis dan Pulau Pigago tempat berliburan setelah lebaran hari raya. Namun sayang, tiap tahun masalah sampah belum bisa ditangani pengelola maupun masyarakat setempat. Belum lagi minimnya kamar MCK di objek wisata panrai. Jika di biarkan seperti ini takutnya pengunjung tak ingin berlama – lama  berkunjung kembali ke Pantai Air Bangis.

Tak Jauh beda Rudy Solomon mengaku kecewa dengan kondisi kebersihan yang ada di Sepanjang Pantai Air Bangis. Sampah berserakan dimana – mana pantai yang indah terlihat kumuh ulah sampah yang bertebaran. Belum lagi fasilitas MCK dan kamar ganti minim. Kalaupun ada terlihat hanya asal ada. “Jika ini dibiarkan, wisatawan enggan berkunjung kembali,” ujarnya.

Salah seorang mahasiswa bidang Pariwisata Andi Martaon mengatakan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata Pasbar mestinya tahu akan tupoksi dalam rangka menjadikan Pasbar sebagai tujuan Pariwisata. “Jika persoalan kebersihan diabaikan, apalagi minimnya sarana penunjang seperti MCK, wisatawan akan enggan berkunjung ke Pasbar. Ini mesti sebagai catatan bagi Pemkab Pasbar jika ingin memajukan dunia pariwisata mesti di benahi ke depan,” ujarnya. (Buyung)

Editor : Saribulih

Artikel lainnya:

loading…


Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam Gantikan Awan Setho di Timnas Senior

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memutuskan memanggil kiper Semen Padang, Teja Paku ...