Beranda - Pariwisata - Budaya - Tujuh Seniman Perkenalkan Kota Solok ke Rusia
Wakil Walikota Solok melepas tujuh seniman Solok ke Rusia
Wakil Walikota Solok melepas tujuh seniman Solok ke Rusia

Tujuh Seniman Perkenalkan Kota Solok ke Rusia

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Solok– Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM melepas keberangkatan 7 (Tujuh)  seniman Kota Solok ke Rusia, di Lobby Balaikota Solok, Selasa (31/7/2018).

Turut hadir pada pelepasan itu, Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua Dharma Wanita Kota Solok Ny.Ria Rusdianto, Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, serta seluruh kepala OPD Kota Solok.

Wakil Walikota Solok, Reinier, ST. MM mengatakan, Pemerintah Kota Solok dan Dekranasda Kota Solok akan selalu mesupport segala bentuk kegiatan yang membanggakan daerah  ini. Lantaran itu, ia minta tujuh seniman ini untuk memamfaatkan ajang keseniat tingkat dunia ini untuk memperkenalkan Kota Solok.

“Berprilakulah sebagaimana layaknya orang timur, jaga sopan san tun, jaga kesehatan dan yang terutama adalah memperkenalkan kepada dunia internasional Kota Solok dengan berkesenian,”ujar Reinier.



Menangapi permiantaan Wakil Walikota Solok ini, ketua rombongan, Ronal Tongkong mengatakan siap untuk memperkenalkan Kota Solok melalui seni. Pada ajang kesenia dunia di Rusia ini, Sanggar Lubuk Nan Tigo mengutus   seniman berpengalaman dan  sudah malang melintang berkesenian di dunia internasional.

Artikel Lainnya

loading…


Ronal Tongkong sendiri   pernah tampil di Singapore dan Jerman. Di dua negara itu ia menampilkan musik tradisi dengan   lagu andalan  Simarantang. Sedangkan pada   ajang kesenian Rusia  ini, ia dan seniman Solok lainnya akan menampilkan   Tari Labak Labuak Galabuak sebagai andalan.

“Kita akan menampilkan Tari Labak Labuak Galabuak, yaitu garapan baru yang gerakannya bersumber dari gerakan bungo silek yang berkembang di Kota Solok. Disamping itu kita juga akan menapilkan, tari minang lainnya seperti indang, Tari Piring dan tari lainnya,”kata Ronal Tongkong.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Solok Elvy Basri mengatakan, keberangkatan tim  ke Rusia ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dipilihnya Sanggar Lubuak Nan Tigo mewakili Indonesia  menjadi hal membanggakan bagi tim kesenian Kota Solok.

Tujuh seniman Solok ini,katanya, dipercaya mewakili Indonesia pada ajang kesenian di Rusia,  setelah menunjukan kebolehannya  di  Gedung promosi UMKM atau lazim disebut Small and Medium Enterprises and Coperatives ( Smesco ) di Jalan Gatot Subroto Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Penampilan tujuh seniman Solok di gedung promosi UMKM itu berhasil mencuri perhatian penonton dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia. Lantas Duta Besar Rusia untuk Indonesia itu  mengundang tujuh seniman yang tergabung dalam sanggar Lubuak Nan Tigo ini untuk tampil di ajang kesenian Rusia pada tanggal 4 Agustus 2018 mendatang. (eri)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Muara Enim belajar e-warung

Muara Enim Pelajari e-Warung Pemko Padang

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menjadi acuan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Kali ...