Beranda - Headline - Tuan Rumah MTQ, Sumbar Miliki Tekad Kuat

Tuan Rumah MTQ, Sumbar Miliki Tekad Kuat

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Kunci keseriusan Pemerintah Provinsi dan elemen masyarakat, pembinaan yang berkelanjutan dan adanya setoran hapalan, irama dll qori/qoriah terhadap pelatihnya lewat Medsos Group WhastAap.

Kemudian evaluasi tim pembina, pelatih dan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Menjadi spacifik kafilah Banten sejak tahun 2008 – 2018 selalu berada pada urutan rangking 1,2 dan 3 nasional.

Hal ini diungkap Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat H. Hendri,S.Ag.MPd. pada acara pertemuan dengan pemerintah provinsi Banten dan LPTQ dalam menghimpun bahan kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke-22 tahun 2008, Kantor Dinas Penanaman Modal (DPM) Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Banten, Senin (12/11/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov H. Ino S. Rawita, Ketua LPTQ, Kakanwil Kemenang, beberapa OPD dilingkungan Pemprov Banten. Ketua Harian LPTQ Sumbar, Wakil Ketua LPTQ Sumbar Sengaja Budi Syukur, Kabag Agama Karimis, SH.MM dan rombongan lainnya.

Kanwil Kemenag Hendri menambahkan kemajuan pembinaan Qori dan Qoriah kafilah Banten terkelola dengan baik dibawah koordinasi LPTQ yang biaya melalui hibahnya diadakan setiap tahun sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur berdasarkan UU Nomor 23/2014, tentang pemerintah daerah pada penjelasan pasal 10 (ayat 1) yang menyatakan adanya dukungan terhadap kebijakan pembinaan keagamaan oleh pemerintah daerah.

Kita selalu buntu dalam hal pendanaan pengembangan keagamaan ini, sehingga dalam pembinaan qori dan qoriah tidak dapat berjalan secara terus menerus dan hasilnya hingga saat belum maksimal.

Jadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29 tahun 2020 di Sumatera Barat memiliki tekad kuat, dengan 4 Sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pelayanan dan sukses administrasi, ujarnya.

Hendri juga menyampaikan kunjungan ke provinsi Banten ini, membuka cakrawala berpikir kita untuk membenahi segala ketertinggalan pola pembinaan qori dan qoriah serta pengembangan kajian Al Qu’an seperti yang diamanat aturan yang berlaku untuk peran dan fungsi LPTQ.

Kita berharap persiapan penyelenggaraan MTQ di Sumatera Barat, sebagai momentum peningkatan kualitas pembinaan qori dan qoriah yang nanti diambilkan dari pemenang MTQ tingkat Sumatera Barat juara 1 dan 2 ditambah aset LPTQ. Tentunya bersama dukungan semua pihak 4 sukses MTQ dapat kita wujudkan dengaj baik, harapnya.

Wakil Ketua LPTQ Sengaja Budi Syukur, disela-sela acara juga menyampaikan, kesuksesan MTQ butuh dukungan semua pihak. Oleh karena perlu tim pemprov Sumbar ini juga mengikutsertakan kawan-kawan DPRD komisi V Sumbar ikut serta dalam kunjungan tim fasilitasi penyusunan persiapan dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-28 di Sumbar.

Karena begitu banyaknya hal-hal yang mesti kita benahi memajukan, meningkatkan kualitas qori dan qoriah kafilah Sumatera Barat nantinya. Keinginan bagaimana sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, sukses pelayanan dan sukses administrasi tentu sesuai yang seharusnya, kita raih dalam memajukan pembangunan Sumbar dimata nasional, harapnya.

Dalam kesempatan itu pemprov. Banten juga menyerahkan sebuah karya Qur’an Mushaf Al-Bantani kepada Wakil Ketua LPTQ Sengaja Budi Syukur, dimana Sumatera Barat juga berencana menyiapkan mushaf Qur’an Al-Minangkabawi yang hiasannya dari artefak hiasan Islam yang berkembang masa lalu di Sumatera Barat.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Khatam Bukan Berhenti Baca Al Quran

SPIRITSUMBAR.com – Membaca dan memahami Qur’an sangat perlu sekali Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt ...