Beranda - Berita Pilihan - Tips Membeli Ban Mobil

Tips Membeli Ban Mobil

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com. Jakarta – Ban bagi kendaraan bermotor merupakan hal yang sangat vital. Malahan hampir setiap hari nyawa melayang di jalan raya yang salah satunya disebabkan ban yang tidak lagi memenuhi syarat atau tidak laik digunakan.

Sebagai pemilik kendaraan, banyak yang membeli ban asal asalan. Dan tidak sedikit pula mempertimbangkan harga ketimbang keselamatan. Padahal, ban juga memiliki umur baik digunakan maupun tidak digunakan. untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli ban, sebagaimana dilansir Toyota Auto 200o Dan Mogot.

Pemilik mobil wajib menggerti kode ban mobil. Contoh yang tertulis di ban : 205/65/R15 94 H. Ini berarti: 205 sama dengan Lebar BAN, 65 = persentasi  tinggi BAN dibanding lebar, R = Ring/Diameter.
15 = Ukuran Ring, 94 = Maksimal Beban. Sedangkan huruf H menggambarkan kecepatan maksimal 210km/h.

Kecepatan maksimal lainnya digambarkan dengan huruf S = Maksimal 180km/h, huruf T = Maksimal 190 km/h, huruf U = Maksimal 200km/h. Sementara huruf V = Maksimal 240km/h, huruf Z = lebih dari 240km/h, huruf W = 270km/h dan huruf Y = 300km/h.

Hal lain yang perlu diketahui, setiap sisa ban juga memiliki  4 angka yang menunjukkan keluaran ban. Seperti 1117, yang menunjukkan keluaran ban baru dari pabrik pada minggu ke 11 tahun 2017.

Perlu diketahui, setiap BAN, mempunyai tempo/waktu/masa penggunaan ideal 5 tahun, sejak tanggal dikeluarkan dari Pabrik. Jika membeli B̲A̲N̲ ̲B̲A̲R̲U̲ pastikan tahun terkini.

Jika membeli BAN dengan kode tahun yang sudah lewat, maka kita berhak untuk minta Diskon dari harga List sesuai dengan ketentuan. Contoh ban dijual pada akhir tahun 2014: Produk tertulis tahun:
2013 Potongan Disc 20%. 2012 Potongan Disc 40%. 2011 Potongan Disc 60%. 2010 … jangan dibeli meskipun ditawari diskon 80%.

Usia BAN (BARU) bila sudah lebih dari 5 tahun,  maka kondisi karet ban sudah keras karena sudah masuk kategori *expired* meskipun belum digunakan. Sangat disarankan jangan dipakai lagi,  jelas bisa membahayakan jiwa anda.

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Nasrul Abit Lepas Calon Haji Kloter Padang

Spiritsumbar.com, Padang – Mendapat rahmat Allah pergi haji saat ini butuh waktu, memdaftar hari ini ...