Senin , 23 September 2019
Beranda - Info Terkini - Tinjau Pesantren Al Qur’an. Ini Yang Ditemukan Bupati
Bupati Irdinansyah Tarmizi saat meninjau Pesantren Al Quran (foto: David - Spirit Sumbar)
Bupati Irdinansyah Tarmizi saat meninjau Pesantren Al Quran (foto: David - Spirit Sumbar)

Tinjau Pesantren Al Qur’an. Ini Yang Ditemukan Bupati

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Selama bulan ramadhan 1437 H, Kabupaten Tanah Datar melaksanakan Program Pesantren Al Qur’an. Bupati Irdinansyah didampingi Kadis Pendidikan Indra Kesuma, Kakankemenag Malikia, Kabag Kesra Yuhardi, Kabag Humas Adriyanti Rustam meninjau langsung pelaksanaannya di SMA 2 Batusangkar, Jum’at (8/6/2016).

Rombongan Bupati disambut Kepala Sekolah Desvianorita dan siswa yang baru selesai melaksanakan shalat dhuha di mushalla sekolah setempat.

“Pesantren Al Qur’an kami awali dengan diskusi keagamaan di kelas, kemudian shalat dhuha berjamaah dan kembali lagi ke kelas untuk tahfiz Al Qur’an” ujar Desvianorita.

Di kesempatan itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menjelaskan, Program Pesantren Al Qur’an guna membentuk generasi muda yang Qur’ani yang tidak hanya bisa baca tulis Al Qur’an saja namun sudah cinta dan hafal serta menjalankan kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Momentum ramadhan 1437 H ini kita manfaatkan untuk mencapai generasi yang Qur’ani, dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang madani” ujar Irdinansyah.

Di kesempatan itu bupati menyempatkan menguji hafalan siswa, dari 3 bacaan ayat suci Juz 2 dan Juz 30 mampu dilanjutkan dengan baik oleh siswa SMA 2 Batusangkar. Secara berturut-turut Fadhli, Ghibran dan seorang siswi yang tidak sempat menyebutkan namanya menjadi contoh dan motivasi bagi siswa lain menjadi generasi cinta Al-Qur’an.

Sebagai bentuk apresiasi, bupati secara spontan mengeluarkan dompetnya dan memberikan sejumlah uang kepada 3 siswa ini. “Ini bentuk penghargaan bapak atas kesungguhan anak-anak, jangan dilihat jumlahnya tapi lihat maknanya, tapi cukuplah bali pabukoan”, ucap Irdinansyah

Tidak hanya itu Bupati dan rombongan juga memantau pelaksanaan Pesantren Al-Qur’an di SMP 1 Batusangkar. Di sekolah yang berada di pusat kota Batusangkar, juga didapati siswa didampingi guru di masing-masing kelas sedang serius menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Di kesempatan itu Bupati ungkapkan kebahagiannya dan mengucapkan terima kasih kepada dinas pendidikan, kepala sekolah dan majelis guru se Kabupaten Tanah Datar yang mendukung penuh program ini sekaligus memotivasi siswa untuk terus meningkatkan hafalannya.

“Pemerintah daerah akan memberi reward bagi siswa SD yang minimal hafiz 3 juz, SMP minimal 5 juz, bebas memilih sekolah lanjutan di Tanah Datar yang diminati dan untuk siswa SMA yang hafiz di atas 15 juz akan kita bantu masuk ke perguruan tinggi negeri”, pungkas Bupati.

DAVID

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Semen Padang FC usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman (foto LIB)

Semen Padang FC Taklukkan PSM Makassar

Posisi Kabau Sirah Masih Terkunci SPIRITSUMBAR.com, Padang – Semen Padang FC berhasil memetik kemenangan atas PSM ...