Beranda - Headline - Tim Ramadhan, Bersilaturahim Sambil Jemput Oleh Oleh
Tim Ramadhan Sawahlunto (foto: RNI - Spirit Sumbar)
Tim Ramadhan Sawahlunto (foto: RNI - Spirit Sumbar)

Tim Ramadhan, Bersilaturahim Sambil Jemput Oleh Oleh

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Tim Ramadhan Kota Sawahlunto yang turun selama 3 malam  ke 75 masjid mushalla se-kota Sawahlunto membawa banyak ‘oleh-oleh’ dari masyarakat. ‘Oleh-oleh’ tersebut tak lain adalah  masukan  dan saran pembangunan yang diapungkan oleh jamaah  Ramadhan.

Seperti di mesjid Baiturrahim Desa Rantih, masyarakat meminta pembangunan infrastruktur pendidikan sederajat SLTP di desa mereka.  Masyarakat desa tersebut mengeluhkan jauhnya sarana pendidikan yang harus ditempuh oleh anak-anak, sehingga untuk memenuhi kewajiban pendidikan 9 tahun, mereka tetap terbebani biaya.

Di mushalla Hajar Aswad Kelurahan Saringan, masyarakat meminta pembangunan dan pembenahan riol saluran air  karena saluran yang ada saat ini terlalu kecil dan tak bisa menampung besarnya debit air saat hujan lebat terjadi.

Sementara di Masjid An Nur desa Talawi Hilir, dan Mushalla Al Falah desa Talago Gunung, kepada tim Ramadhan masyarakat mengusulkan agar Pemerintah kembali menyediakan bibit perkebunan karet untuk masyarakat.

Di Masjid Nurul Huda Dusun Koto desa Talago Gunung masyarakat mengeluhkan sempitnya ruas jalan dan minimnya lampu jalan. Dengan keterbatasan infrastruktur tersebut mereka mengusulkan pelebaran jalan dari simpang  perumnas Mutiara Santur menuju desa mereka.

Masjid Toyibah Desa Tumpuk Tangah, salah satu jemaah mengusulkan pendirian tower telekomunikasi di desa mereka untuk membantu kendala komunikasi yang selama ini sering terjadi.

Di Masjid Ar Rahman Desa Lunto Timur masyarakat meminta agar pemerintah meningkatkan pelayanan di RSUD Sawahlunto. Dengan menambah tenaga dokter dan pelayanan perawat yang lebih ramah kepada pasien.

Sementara di Masjid Baitunnur Desa Pasar Kubang, masyarakat meminta Pemerintah melakukan filterasi terhadap tayangan-tayangan yang bisa diakses di internet, karena sangat berdampak terhadap perkembangan anak-anak.

Ismed Wakil Walikota Sawahlunto yang memimpin langsung Tim Ramadhan di beberapa masjid, berjanji akan segera mengkoordinasikan usulan-usulan dari masyarakat dan berupaya mencarikan kemungkinan solusi yang akan diambil oleh pemerintah.

Ia mengaku dengan senang hati  membawa ‘oleh-oleh’ tersebut, karena usulan dan masukan dari masyarakat itu sangat penting bagi Pemerintah untuk menentukan langkah pembangunan ke depan.

RNI

Lebih lengkap di versi cetak:

Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)
Edisi 25 (13 Juni 19 Juni 2016)
loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kepala Sekolah Dalam SPMI

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar) Kepala sekolah merupakan pemegang kunci kesuksesan dalam sebuah ...