Beranda - Headline - Tim Provinsi Nilai Transparansi Pengelolaan Dana Desa
Bupati Gusmal bersama Tim Penilai Tarnparansi Dana Desa Tingkat Prov. Sumbar.
Bupati Gusmal bersama Tim Penilai Tarnparansi Dana Desa Tingkat Prov. Sumbar.

Tim Provinsi Nilai Transparansi Pengelolaan Dana Desa

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Kabupaten Solok – Pengelolaan dana desa di Kabupaten Solok dinilai Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 di Ruang Danau Dibawah,Kantor Bupati Solok, Arosuka, Jumat (22/11/2019)

Hadir saat penilaian itu Bupati Solok H.Gusmal, SE, MM, Ketua tim Penilai Drs.H.Rusdi Lubis, Asisten 1 Edisar, SH, M.Hum, Sekretaris DPMN Irwan Effendi, Staf Ahli bupati,para asisten dan kepala SKPD dilingkup pemerintah Kabupaten Solok, Camat Gunung Talang, Wali Nagari Jawi- Jawi dan Tim Penilai dari Provinsi Sumbar.

Pada kesempatan itu, Bupati Solok Gusmal SE mengatakan, kebijakan pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka pelaksanaan Undang-undang No 6 tahun 2016 tentang desa secara garis besar dapat dijabarkan sebagai berikut; Penyusunan Regulasi pelaksanaan pemerintahan nagari, peraturan daerah kabupaten solok tentang nagari, peraturan bupati terkait pengelolaan keuangan nagari. keputusan bupati dan petunjuk teknis terkait pengelolaan keuangan nagari.





Program kegiatan untuk desa dan nagari, program kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan/peningkatan ekonomi, program kegiatan terkait dengan peningkatan kapasitas pemerintahan nagari berupa pelatihan/Bimtek baik yang diselenggarakan oleh kabupaten, kecamatan maupun nagari. Study Comparative perangkat nagari dan BMN, pembinaan dan pengawasan kepada pemerintahan nagari dilakukan dengan cara pendelegasian kewenangan bupati kepada camat.

Artikel Lainnya

loading…


Pendelegasian kewenangan evaluasi APB Nagari dan rencana kerja pemerintah nagari (RKP), pendelegasian kewenangan monev dan pembinaan keuangan nagari dengan membentuk tim Monev kecamatan. Pembinaan dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari, rapat Koordinasi baik dengan nagari,kecamatan maupun P3MD, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan dana desa baik oleh tim kabupaten maupun tim kecamatan secara berkala. Pendampingan oleh pendamping profesional P3MD kabupaten , Pembentukan klinik konsultasi nagari, Pembinaan dan pengawasan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak.

Kemudian juga dilaksanakan rapat koordinasi yaitu rapat koordinasi pemerintah nagari tingkat kabupaten yang dilaksanakan 1 kali 4 bulan. Rapat koordinasi kecamatan 1 kali 2 bulan dan rapat koordinasi P3MD,tingkat kabupaten 1 kali 6 bulan. Pembentukan tim montoring dan evaluasi ditingkat kabupaten dan kecamatan dimana monitoring dilakukan 1 kali 3 bulan oleh tim kabupaten dan sekali sebulan oleh tim kecamatan.

Selain itu upaya peningkatan transparansi yang dilaksanakan diantaranya, launcing nagari membangun Kabupaten Solok yang sudah dilaksanakan pada tanggal 23 januari 2017, penandatanganan Pakta integritas wali nagari dan BMN dalam pengelolaan dana desa, pemasangan baliho informasi anggaran di tempat umum dan pembuatan papan informasi dan plan\gk informasi kegiatan.

“Saya berharap tim penilai untuk dapat memberikan penilaian secara objektif sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,”ujar Gusmal.



 

Sementara itu ketua tim penilai Drs. H.Rusdi Lubis dalam sambutannya menjelaskan, berdasarkan surat Gubernur Sumatera Barat tanggal 10 September 2019 tentang pelaksanaan pinilaian kompetensi dan transparansi dana desa tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2019, dan menindaklanjuti hasil rapat persiapan penilaian kompetensi dan trasparansi dana desa di aula DPMN Provinsi pada tanggal 17 oktober 2019 maka kami dari tim penilai akan melakukan kunjungan dan penilaian ke kab/kota di Sumbar.

“Penilaian akan kami lakukan dengan mengumpulkan data dan survei lapangan yang mana untuk kab solok akan kami lakukan survei lapangan di Nagari Jawi-Jawi Kecamtan Gunung Talang Kabupaten Solok.” ujar Rusdi Lubis. (eri)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Potensi Danau Maninjau Antara Ada dan Tiada

SpiritSumbar.com Padang – Danau Maninjau merupakan satu kawasan yang cukup indah dengan segala potensi besar ...