Senin , 16 September 2019
Beranda - Headline - Tiku Selatan Bentuk Kelompok Siaga Bencana
Upaya pencarian korban tsunami di Selat Sunda
Upaya pencarian korban tsunami di Selat Sunda

Tiku Selatan Bentuk Kelompok Siaga Bencana

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Kelompok Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Nagari Tiku Selatan kecamatan Tanjung Mutiara, siap membantu masyarakat terutama dalam penanggulangan bencana di nagari khususnya dan Agam pada umumnya. Kesiapan itu dinyatakan Sekretaris nagari Tiku Selatan Herlinda.S.Sos bersama anggota KSB dan Forum PRB Nagari saat membuka pelatihan bagi relawan penanggulangan bencana se nagari Tiku Selatan Kamis (13/12/2018) di Aula kantor nagari Tiku Selatan.

Pada kesempatan itu ucapan terimakasih kepada Tim BPBD Agam yang telah turun bersama menghimpun anggota KSB nagari dan Forum PRB nagari secara bersama meningkatkan kapasitas kelompok siaga bencana dalam menjalankan program inovasi pengurangan bencana.

Ikuti pelatihan ini dengan baik agar budaya siaga bagi masyarakat nagari dan jorong dapat dirasakan dan diterapkan. Relawan penanggulangan bencana agar lebih kreatif dan punya inisiatif. KSB diharapkan dapat menyelesaikan insiden bencana secara cepat melalui KSB sebagai mitra BPBD di lapangan, ungkap Herlinda.S.Sos.

Peningkatan kapasitas bagi pengurus KSB dan F-PRB nagari bertujuan untuk membangun budaya siaga bencana demi terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana sekaligus rencana aksi penerapan terbentuknya tim reaksi cepat penanggulangan bencana

Sementara kabid PK Yunaidi.S dengan melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana kita jadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas.

Bila terjadi bencana diharapkan anggota kelompok siaga bencana dapat lebih awal mengetahui dan mengambil sikap pelaksanaan penanggulangan bencana. Bila perlu anggota KSB sebagai tim reaksi cepat lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan penanganan penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat jelasnya.

Ketua F-PRB Nagari Tiku Selatan Bujang Hardiwan menyebutkan bahwa kepengurusan relawan siaga bencana nagari Tiku Selatan yang selama ini sudah mengetahui aturan dan prinsip seorang relawan setelah mendapat pencerahan dan pelatihan para peserta kembali mengetahui bagaimana pentingnya kesiapsiagaan diri. Mari kita tingkatkan budaya siaga.

Saat ini F-PRB Tiku Selatan telah memiliki beberapa sarana komunikasi pengadaan alat komunikasi HT dan tahun 2018 pihak nagari juga menyiapkan mesin sinsaw dan cangkul papar ketua FPRB Tiku Selatan menjelaskan. ( Irman Naim )

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PKKS, Siapa Takut

SPIRITSUMBAR.com, Padang Panjang – Menindaklanjuti dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 ...