Minggu , 18 November 2018
Beranda - Headline - Tetapkan Walinagari, Bupati Padang Pariaman Digugat ke TUN
Pilwana..
Pilwana..

Tetapkan Walinagari, Bupati Padang Pariaman Digugat ke TUN

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Calon Wali Nagari Sungai Buluh Timur Sjaharuddin menggugat Bupati Padang Pariaman terkait penetapan Zulkifli sebagai Wali Nagari Sungai Buluh Timur, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Gugatan perkara Tata Usaha Negara (TUN) Nomor 19/G/2018/PTUN-PDG diajukan oleh Sjaharuddin di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang.

Sjaharudin selaku Penggugat melalui Kuasa Hukumnya mengajukan gugatan ke PTUN Padang pada bulan Juli 2018. Dalam materi gugatan Penggugat menilai pengangkatan Zulkifli sebagai Wali Nagari Sungai Buluh cacat hukum karena  anggota TNI aktif dengan jabatan Babinsa Ramil 09 Dim 0308/Pariaman.

Menurutnya, Zulkifli harus terlebih dahulu melepaskan kedinasannya sebagai prajurit TNI sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Dia, menyatakan Pasal 47 “Prajurit hanya dapat menduduki jabatan sipil setelah mengundurkan diri atau pensiun dari Dinas Aktif Keprajuritan”. Penggugat dalam hal ini mendifinisikan bahwa anggota TNI aktif yang akan mencalonkan diri untuk calon kepala desa/wali nagari harus mengundurkan diri terlebih dahulu.

Proses persidangan di PTUN Padang dilalui dengan beberapa tahapan diantaranya Pemeriksaan Persiapan, Pembacaan Gugatan, Jawaban Tergugat, Replik, Duplik, Pembuktian Alat Bukti, Saksi, Kesimpulan dan Pembacaan Putusan.

Sjaharudin merupakan salah satu calon Wali Nagari Sungai Buluh Timur pada Pemilhan Wali Nagari Serentak di Kab. Padang Pariaman beberapa waktu lalu. Sjaharudin melalui kuasa hukumnya Yeni Puspa, SH dkk mengajukan gugatan terhadap Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 281/KEP/BPP/2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Wali Nagari dan Pejabat Wali Nagari Serta Pengangkatan Wali Nagari pada 74 (tujuh puluh empat) Nagari di Kabupaten Padang Pariaman tanggal 11 Mei 2018 pada lampiran IV atas nama Zulkifli sebagai Wali Nagari Sungai Buluh Timur.

Selanjutnya : Digugat ke TUN, Zulkifli  Walinagari SBT Sah

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...