Senin , 23 September 2019
Beranda - Berita Pilihan - Ternyata Toko Tani Mampu Stabilkan Harga Pangan
Wako Payakumbuh di toko tani
Wako Payakumbuh di toko tani

Ternyata Toko Tani Mampu Stabilkan Harga Pangan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Kota Payakumbuh punya dua unit Toko Tani Indonesia (TTI). Di toko tersebut, tersedia beras dan pangan lainnya  yang dijual kepada konsumen dengan harga lebih murah dari harga pasar.  Kedua bangunan TTI itu, diresmikian Walikota H. Riza Falepi, di TTI di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara, Kamis (1/6/2016).

Pembangunan TTI, seperti dilaporkan  Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh Ir. Antoni Jaya, dibangun  program pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Tahun 2016. Peresmian bangunan TTI, ditandai dengan pembukaan papan selubung nama oleh walikota, didampingi Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi dan pimpinan SKPD terkait. Ikut hadir, Kepala Perwakilan Bulog Bukittinggi dan Ketua KTNA Payakumbuh.

Keberadaan TTI di kawasan pertanian itu, sangat membantu petani daerah setempat. Hasil panen mereka, seperti padi atau beras, dan tanaman holtikulturan lainnya, dibeli langsung oleh TTI, sesuai harga pasar. Dalam hal ini, petani tidak akan mengalami kerugian, meski harga yang dilakukan spekulan, drop. Untuk menjaga kestabilan harga dan produksi, TTI bersama SKPD terkait, ikut berperan, agar tak terjadi kehilangan pangan.

Karena itu, Walikota Riza Falepi, menegaskan, agar SKPD terkait benar-benar melakukan pendampingan terhadap keberadaan TTI. Jangan, kehadiran TTI, malah membuat petani jadi resah dan harga beras di tingkat konsumen menjadi tinggi, ungkapnya.

Dikatakan, program itu momentumnya sangat tepat, dalam rangka  menghadapi  Ramadhan dan Lebaran. Disaat harga pangan merambat naik, diharapkan kehadiran TTI berfungsi sebagai stabilisator, dan meringankan beban masyarakat.

Menurut Antoni Jaya program TTI bekerjasama dengan Gapoktan Aur Kuning sebagai pengayom dan pemerintah memberikan subsidi sebanyak Rp. 200 juta terddiri dari Rp140 juta untuk Gabah dan Rp.60 juta untuk biaya Operasional dikelola oleh Gapoktan Aur Kuning, ujar Antoni.

WBA

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kapolda Sumbar Terima Rekor MURI

Fakhrizal: Pelestarian Budaya Minang Harus Berkesinambungan SPIRITSUMBAR, com, Solok Selatan – Ribuan penari piring mileneal ...