Kamis , 19 September 2019
Beranda - Headline - Terbukti, Donny Moenek Mampu Satukan Tungku Tigo Sajarangan

Terbukti, Donny Moenek Mampu Satukan Tungku Tigo Sajarangan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat, Yulius Said menyambut akrab Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek di kediaman pribadinya, Siteba, Kota Padang, Selasa (16/7/2019).

Ketika itu, Reydonnyzar Moenek yang akrab disapa Donny tengah kunjungan kerja menyerap aspirasi para tokoh masyarakat, adat, alim ulama dan cadiak pandai di Sumbar.

Yulius Said mengungkapkan, ketika Donny Moenek menjabat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, dirinya kerap bertemu. Apalagi Donny juga merupakan pengurus di Dewan Masjid Nasional yang dipimpin Jusuf Kalla.




Dirinya makin sering ketemu tatkala Donny menjadi Penjabat Gubernur Sumbar tahun 2015. “Sampai sekarang kami masih sering tukar kabar via WA (WhatsApp),” imbuhnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Yulius Said pun mengungkap rasa bangganya saat hari pernikahan anaknya, Donny datang dan memberi sambutan.

loading…


“Kami pernah punya kenangan, sama-sama pernah berjuang untuk mendapatkan dana masjid, audiensi dengan Wakil Presiden, Pak JK,” kenang Yulius yang disambut senyuman Donny Moenek.

Di samping itu, dirinya pernah diundang dalam suatu kegiatan oleh Donny Moenek di Hotel Bumi Minang.

“Di sana saya katakan, beliau ini (Donny Moenek) baru jalan satu bulan sudah ada solusi untuk Masjid Raya Sumbar. Apalagi kalau beliau bertugas setahun, atau bahkan lima tahun di Sumatera Barat. (Lantas) Orang bertepuk setuju, saya menoleh pada adinda Donny yang rupanya sudah menitikkan air mata,” tuturnya.

Dari sana Yulius menilai ketulusan Donny untuk Sumbar. “Beliau bukan sosok yang haus jabatan. Beliau orang yang memang gemar melaksanakan tugasnya dengan cepat, tepat, dan bertanggungjawab,” kata Yulius.

Terkait kenapa menangis kala itu, Donny mengatakan, dirinya teringat perjuangan bersama tungku tigo sajarangan tali tigo sapilin. Mereka dirangkul Donny untuk bersama-sama mencari dana untuk penyelesaian Masjid Raya Sumbar.

Sepiring goreng pisang beserta ketanpun terhidang. Percakapan Yulius dan Donny semakin hangat dengan kisah-kisah persabatan mereka.



“Hmm, apa mungkin bentuk keakraban tali tigo sapilin, tungku tigo sajarangan semasa Adinda Donny Moenek jabat Gubernur Sumbar dulu bisa terulang kembali?” tanya Yulius Said.

Mendengar pertanyaan itu, hampir tersedak Donny dibuatnya. Cepat-cepat diambilnya minum, sejurus kemudian Donny tertawa, “Insya Allah Buya. Subhanallah,” jawab pria asal Tanahdatar yang pernah menjadi Juru Bicara Mendagri itu. (rmc)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Perkuat Kewenangan DPD RI Dengan Politik Hukum

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Kewenangan DPD RI dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dapat diperkuat dengan politik hukum, ...