Beranda - Pariwisata - Event - TdS 2018, Padang Panjang Star Etape VII
Etape 1 TdS 2016
Etape 1 TdS 2016

TdS 2018, Padang Panjang Star Etape VII

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Kota Padang Panjang dipastikan ambil bagian  pada TdS ke 10 tahun 2018 ini. Hendri Fauzan,  Kadis Pariwisata setempat  atas pertanyaan The Public (grup Spirit Sumbar) menyebutkan, awalnya Padang Panjang  ditetapkan sebagai tempat start etape VII, pada 10 November 2018 menuju Solok Selatan.

Namun karena Solok Selatan mengundurkan diri dari iven balap sepeda tingkat dunia di bawah Union Cycliste Internationale (UCI) di Perancis  dan Amaury Sport Organization itu, kemungkinan rutenya diubah ke Kabupaten Solok.

Dari hasil survey, ruas  jalan di Padang Panjang yang akan dilewati peserta TdS   sudah oke dan mulus. Seremonial dan  start tetap dilokasi lama, yakni depan Mako Secata  Jalan Sudirman  Namun start sungguhan, dimana perhitungan waktu dimulai,  tempatnya di Kacang Kayu,  perbatasan Kota Padang Panjang- Tanah Datar, ujar Fauzan.

Acara  seremonial walau tidak dirinci, sama saja dengan tahun sebelumnya, diantaranya penyambutan atlit, hiburan dan sambutan demi sambutan. Perihal acara ceremonial, sebelumnya The Public yang sempat mewawancarai rider   dari Iran  Ghader Misbani  pebalap Tabriz Petrochemical Iran, Amir Zargari  dari tim Pishgaman Yazd  Iran,  serta  Bambang  Suryadi dari tim KFC Indonesia, mengkritisi soal waktu yang cukup panjang.

Sarannya, waktu yang terpakai untuk acara  seremonial  hendaknya lebih diperpendek. Sebab mereka perlu pemanasan juga. Kalau lama lama  duduk,  ini tidak baik bagi mereka  yang akan  berolahraga.

Saran lainnya dari  Bambang Suryadi,  kalau memakai    pentas  lebih baik dibuat ditepi jalan, atau   seperti   tahun 2015  itu dibuat dikawasan  pasar  sana.  “Warga yang menyaksinya  rame, “   ujarnya.

Hendri Fauzan  tak menampik lamanya waktu terpakai untuk   acara seremonial. Ia menilai itu hal yang wajar. Untuk apa Pemko  mengeluarkan anggaran yang banyak kalau tidak bisa mempromosikan  dan menampilkan yang spesifik dari kota Padang Panjang. Ditonton atau tidaknya oleh rider dan official dari berbagai belahan dunia, itu  lain soal.

Sekedar mengingatkan, tahun 2017 lalu Padang Panjang menjadi lokasi finish etape VII dari 50 Kota- Padang Panjang berjarak 112 km . Sekitar 108 orang pebalap TdS 2017 itu menginap di 10 hotel  yang ada dikota itu.(Yet)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Apresiasi untuk Sumbar, Raih KASN 2018

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima Anugrah Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) Tahun 2018 ...