Selasa , 24 September 2019
Beranda - Berita Pilihan - TB Paru Penyakit Terbanyak Kelima di Dunia

TB Paru Penyakit Terbanyak Kelima di Dunia

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Penyakit Tuberkulkosis Paru (TB Paru) merupakan jenis penyakit yang berbahaya dan jika tidak diobati bisa menyebabkan kematian.

Hal ini disampaikan dr. Jumatul Riyaldi dalam sosialisasi TB Paru yang bisa dibenahi melalui 4 M (mengetahui, mencegah, mengobati, dan memberantas), di Batang kapas, Rabu, (16/9).

Menurutnya, TB Paru merupakan Penyakit infeksi pada paru paru yang menular yang disebabkan oleh kuman atau bakteri. “Kuman TB masuk ke dalam saluran tubuh serta dapat menyerang seluruh bagian seperti tulang usus, kelenjer, kulit, dan yang paling bahaya bagian otak,” ujarnya.

Jumatul Riyaldi menegaskan, TB paru adalah penyakit nomor 5 terbanyak di dunia, No.3 Penyebab kematian pada manusia, No.1 Penyakit Infeksi yang menyebabkan kematian pada manusia dan buruknya, 1 penderita TB dalam satu tahun menularkan 10-15 orang terdekat.

“Oleh sebab itu, kita harus perlu tahu dan paham tentang gejala-gejala, pengobatan serta pencegahan penyakit TB Paru sejak dini. Jika tidak, penyakit ini bisa terus merenggut jiwa anak-anak kita, bapak-bapak, ibuk-ibuk atau keluarga kita,” ungkapnya dalam sosialisasi TBParu pada masyarakat di kantor Nagari Ampek koto mudiak, Batang kapas.

BAMS

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kapolda Sumbar Terima Rekor MURI

Fakhrizal: Pelestarian Budaya Minang Harus Berkesinambungan SPIRITSUMBAR, com, Solok Selatan – Ribuan penari piring mileneal ...