Beranda - Fokus - Tanpa Usaha Besar, UKM Akan Sulit Berkembang
Asisten Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi dalam Temu Usaha Kemitraan yang diadakan Dinas Koperasi dan UMKM di Ujung Gurun
Asisten Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi dalam Temu Usaha Kemitraan yang diadakan Dinas Koperasi dan UMKM di Ujung Gurun

Tanpa Usaha Besar, UKM Akan Sulit Berkembang

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Pemerintah Kota Padang terus berupaya memberi pembinaan guna meningkatkan kemitraan Usaha Besar (UB) dengan Usaha Kecil Menengah (UKM). Kemitraan ini penting untuk pengembangan UKM dalam menghadapi persaingan, baik di pasar domestik maupun pasar global.

“Kemitraan UB dan UKM adalah strategi bisnis saling membesarkan dan saling menguntungkan kedua pihak,” kata Asisten Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi dalam Temu Usaha Kemitraan yang diadakan Dinas Koperasi dan UMKM di Ujung Gurun, Rabu (21/2/2018).

Menurut Didi, pengembangan UKM memang dianggap sulit dilakukan tanpa melibatkan partisipasi Usaha Besar. Kemitraan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan antara UKM dan UB.

“Dengan demikian dapat disimpulkan, tumbuh kembangnya UKM tidak terlepas dari fungsinya sebagai mitra dari UB, dalam suatu pola kemitraan usaha,” ujar Didi. Untuk itu, kata Didi, perlu ada komitmen yang kuat dalam kemitraan usaha agar kedua pihak siap secara manajemen dan menjadi mitra yang andal.

“Pembenahan manajemen, peningkatan pemanfaatan teknologi, peningkatan kwalitas SDM dan pemantapan organisasi usaha mutlak diserasikan agar mebjadi mitra yang andal,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Junisman mengatakan, tujuan kegiatan Temu Usaha Kemitraan UMKM ini guna memberikan penambahan pengetahuan dan wawasan pada UKM yang akan dimitrakan dengan BUMN, perbankan, pengusaha besar dan stakeholder lainnya. Ini juga untuk kemajuan jaringan usaha serta berkembangnya dengan baik UMKM.

“Kegiatan ini diadakan selama dua hari dengan peserta sebanyak 76 orang dari UMKM  se-Kota Padang. Pada kesempatan ini menghadirkan pula narasumber dari perusahaan- perusahaan besar yang akan menjadi mitra,” jelasnya.(Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Momentum Harkitnas, Saatnya Kembali Bersatu

SPIRITSUMBAR.com – Lembaga  Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat melaksanakan upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ...