Jumat , 21 September 2018
Beranda - Berita Pilihan - Tahun Politik, Oknum Anggota Dewan Manfaatkan Disdukcapil
Senyum bahagia terima e-KTP
Senyum bahagia terima e-KTP

Tahun Politik, Oknum Anggota Dewan Manfaatkan Disdukcapil

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang Aro –  Jaringan internet lelet, sehingga warga yang melakukan pengurusan KTP elektronik, akta kelahiran dan akta kematian harus menunggu proses yang cukup lama.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan, Efi Yandri menjelaskan, warga harus bersabar menunggu proses perekaman KTP e, cetak KTP e, maupun mengurus akta kelahiran  dan akta kematian di disdukcapil. Sebab sejak Kamis (4/1/2018) pagi terjadi permasalahan jaringan internet, sehingga proses koneksi sangat lambat. Yang biasa merekan KTP elektonik atau cetak KTP e hanya butuh waktu dua menit. Tapi, saat ini butuh waktu 30 menit bahkan sampai berjam-jam.
Artikel Lainnya

loading…


“Permasalah jaringan internet dapat memperlambat proses perekaman, cetak KTP e, akta kelahiran dan akta kematian. Hal ini sudah terjadi sejak pagi hingga sore ini, dan kita tentu berharap warga bersabar menunggu dalam waktu cukup lama,” ujar Efi Yandri di Padng Aro.

Jaringan lelet pun sering di alami saat perekaman KTP e di Kantor Camat Sangir Batang Hari, apakah di daerah sulit itu jaringan internetnya yang sudah Atau koneksi ke server alat perekaman yang kuranv bagus, pihaknya pun telah mengutus teknisi jaringan ke daerah itu.

“Tidak hanya lelet konektivitas jaringan internet di server Disdukcapil, tapi permasalahan jaringan kurang bagus juga dikeluhkan camat Sangit Batang Hari,” ungkapnya.

Mengingat tahun politik akan segera datang, Disdukcapil juga bakal tidak melayani anggota dewan yang melakukan pengurusan akta kelahiran atau akta kematian masyarakat dengan jumlah yang banyak. Sebab, sudah ada pengaduan masyarakat, bahwa akta kelahiran  pihak keluarga mereka belum diserahkan oknum anggota dewan yang tidak terpilih pada pileg periode 2014 lalu.

“Begitulah pengaduan warga dan setelah di cek diserver. Memang benar oknum anggota dewan yang tidak terpilih, menjadi kuasa dalam pengurusan tersebut,” sebutnya.

Agar permasalah tersebut tidak terulang kembali kata Efi Yandri, pihaknya harus melaporkan hal itu kepada kepala daerah. Dan berharap tidak dilakukan pelayanan pembuatan akta kelahiran kepada anggota dewan atau tim sukses dalam jumlah yang banyak.

Namun di tahun politik, pengurusan akta kelahiran mesti harus di urus yang bersangkutan dengan melampirkan KK dan memperlihatkan identitas berupa KTP. “Untuk mencegah terulangnya kasus di tahan-tahannya akta warga, sehingga pelayanan pengurusan eKTP mesti harus yang bersangkutan,” tukasnya.

Pihaknya pun sudah menyarankan ke warga bersangkutan, kalau ada yang di rugikan pada tahun politik tahun sebelumnya. Silahkan adukan saja ke pihak penegak hukum, sebab dokumen negara mestinya harus di pegang bersangkutan. Bukan yang lainnya.

“Kita menyarankan silahkan kadukan bila dirugikan, kalau memang hendak mengurus kembali. Jalan satu-satunya, harus mengurus surat keterangan kehilangan. Ini solusi bagi kita, agar warga tak rugi,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPRD Solok Selatan, Syidik Ilyas mendukung apa yang diwacanakan dinas terkait, namun harus diberlakukan bagi seluruh anggota DPRD di Solsel. Sehingga ada tidak terlihat tebang pilih, dan tidak terjadi kecemburuan sosial.

Siapa pun dewannya, harus disamakan. Agar tidak terjadi persoalan, namun bila ada yang menyelewengkan. Mestinya di kadukan saja. “Apa yang diwacanakan di tahun politik oleh dinas terkait, kita sangat mendukung.Tapi, harus diberlakukan dengan azas keadilan dan pemerataan,” terangnya. (Arun)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rakor Penerimaan CPNS 2018

Dari 864 Formasi CPNS Sumbar, 613 Jatah Guru

SpiritSumbar.com – Pemerintah telah mengumumkan pembukaan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 untuk ...