Beranda - Pariwisata - Event - Songket Silungkang Show di New York Couture Fashion week

Songket Silungkang Show di New York Couture Fashion week

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Mayarakat Sumatera Barat, khususnya yang ada di Sawahlunto, boleh merasa bangga karena kain tenun tradisionalnya yakni Songket Silungkang, akan meramaikan New York Couture Fashion Week melalui busana muslim pada 12 September 2015 mendatang.

Seperti dilansir di beritabuana.co, dalam New York Fashion Week nanti, Safira salah satu label mode nasional mengkolaborasikan songket Silungkang dengan kristal Swarovski dalam rancangan 16 koleksi gaun malam. kata Komisaris Shafira Corporation, Gilarsi Wahju Setijono disela-sela fasion show songket Silungkang di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Koleksi gaun malam tersebut dihadirkan dengan warna-warna hitam dan perak, disesuaikan dengan kultur masyarakat New York yang suka memakai gaun berwarna hitam dan perak.

Melalui songket Silungkang inilah, lanjut Gilarsi, Shafira ingin memajukan ekonomi kreatif Indonesia ke dunia internasional sekaligus menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana Muslim dunia.

Ciptaan adikarya yang akan digelar itu bertema ‘When West Meets West’.”Dari Sumatera Barat, busana berbahan songket Silungkang dipadu serasikan dengan taburan kristal Swarovski dari Eropa Barat,” tuturnya.

New York Couture Fashion Week sendiri merupakan ajang yang telah digelar sejak 2005 atas inisiasi seorang desainer mode bernama Andres Aquino. “Acara ini akan digelar di Times Square dan melibatkan busana dari berbagai negara,” tambahnya.

Dia menyakini masuknya Songket Silungkan ini akan menyusul batik yang sudah lebih dulu menjadi kain tradisional yang populer. Meski diakui pihaknya sempat kesulitan menemukan songket Silungkang karena jaraknya, juga membuatnya mengombinasikan kain asli Tanah Minang dengan sentuhan modern melalui busana muslimnya. “Tapi kami besukur berkat dukungan Pemerintah Sumatra Barat dan Pemerintah Kota Sawahlunto akhirnya memuluskan jalan untuk turut memamerkan songket Silungkang ini acara ke New York Couture Fashion Week,” katanya.

Fashion show ini mendapat dukungan sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan Pemko Sawahlunto.

Dalam konferensi persnya Gubernur Sumatera Barat Reysonnyzar Moenek mengatakan “kami sangat mengapresiasi langkah Shafira yang mengembangkan industri kreatif. Kami berharap, dengan dorongan berkontestasi di New York tentunya akan menciptakan pasar yang baik,” ujarnya.

Sementara Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengungkapkan bahwa tampilnya songket Silungkang di ajang fashion New York menjadi lonjakan untuk promosi kahsanah Indonesia di bidang mode, dan tentunya ini akan membuat warga Silungkang bangga

Lebih lanjut ia memaparkan jika di tahun 1910 Songket Silungkang pernah berjaya dalam pameran yang berlangsung di Belgia, kini saatnya songket Silungkang menorehkan kembali kejayaan itu

ERNI

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Anggota Pramuka Bak Tunas Kelapa

SPIRITSUMBAR.com – Setiap anggota pramuka harus serba guna seperti lambang pramuka yaitu tunas kelapa yang ...