Beranda - Pariwisata - Budaya - SMAN 1 Pariangan Gelar Lomba Jelajah Budaya
Tingkatkan Kesadaran Dengan Lomba Jelajah Budaya
Tingkatkan Kesadaran Dengan Lomba Jelajah Budaya

SMAN 1 Pariangan Gelar Lomba Jelajah Budaya

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA N 1 Pariangan bersama Alumni Lintas Angkatan menggelar sebuah kegiatan bertajuk Lomba Jelajah Budaya (LJB) pada 15 sampai 16 Desember 2018.

Ketua pelaksana kegiatan Hendri Dunan kepada Humas, Minggu (16/12) di SMA N 1 Pariangan di Simabur menyampaikan, kegiatan LJB ini bertujuan menciptakan dan menumbuhkan generasi milenial yang berbudaya serta turut melestarikan kebudayaan Minangkabau.

“Dalam lomba LJB ini para peserta akan berjalan menempuh jarak 28 KM, melewati 5 posko, yakni start di SMA N 1 Pariangan menuju balerong sari tabek, Masjid Raya Limo Kaum, Prasasti Kubu Rajo, Batu Batikam dan Kuburan panjang di Pariangan dan finish lagi di SMA ini,” sampainya.

Melihat antusiasnya para peserta dari 21 sekolah se Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, Hendri Dunan berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan SMA N 1 Pariangan. “LJB dilakukan menggunakan sistem tim dimana 1 tim terdiri 3 orang. Dan kegiatan ini bukan hanya sekedar meningkatkan marwah sekolah, namun juga sebagai ajang silaturahmi antara para siswa serta memberikan motivasi peningkatan wawasan terhadap potensi wisata budaya di Tanah Datar,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA N 1 Pariangan Edison menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia dan pihak lainnya yang terlibat dalam LJB. “Alhamdulillah, kegiatan yang memperebutkan total hadiah Rp.11 juta berjalan sukses. Terima kasih kepada Panitia, Alumni dan pihak lainnya yang telah mendukung terlaksananya acara ini,” sampainya.

Diakhir penyampaiannya Edison mendukung penyampaikan ketua panitia agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan SMA N 1 Pariangan. “Insya Allah, tahun depan akan kita gelar lagi LJB yang kedua dengan peserta lebih banyak dan rute yang lebih luas lagi, mohon dukungan kita semua agar bisa terwujud,” pungkasnya.

Lomba Jelajah Budaya Pertama ini akhirnya pada kelompok putri peringkat 1 diraih SMA N 1 Batusangkar berhak hadiah Rp. 2,1 juta, peringkat 2 SMA N 1 Padang Panjang berhak hadiah Rp.1.5 juta dan SMA N 3 Batusangkar berhak hadiah Rp. 900 ribu dan kelompok putra dengan jumlah hadiah sama, peringkat 1 diraih SMA N 1 Lintau Buo, Peringkat 2 diraih SMA N 3 Batusangkar dan peringkat 3 diraih SMA N 1 Batusangkar.

Pada kategori lainnya, yakni yel-yel diraih Thawalib Tanjung Limau, Kerapian dan kelengkapan diraih SMK 1 Batipuh, serta kategori pentas seni diraih Ponpes Al Harbi dan semua berhak atas hadiah uang pembinaan. Dari berbagai lomba akhirnya SMA N 1 Batusangkar menjadi Juara Umum dan berhak atas piala bergilir. (David)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Disdikbud Pessel Gelar Diklat Asesor PKG

SPIRITSUMBAR.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan jumlah asesor Penilaian Kinerja Guru (PKG), Dinas Pendidikan dan ...