Beranda - Headline - SMAN-1 Juara Lomba Tari HJK Padang Panjang
Peserta lomba tari tingkat pelajar foto bersama dengan guru pembimbing dan panitia. (foto yetti harni)
Peserta lomba tari tingkat pelajar foto bersama dengan guru pembimbing dan panitia. (foto yetti harni)

SMAN-1 Juara Lomba Tari HJK Padang Panjang

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padang Panjang – SMAN-1 Padang Panjang  sukses sebagai juara I lomba tari antar pelajar sekota Padang Panjang,Kamis, 30/11-17 di GOR Bancah Laweh. Menurut ketua juri, Rasmida, juri bekerja se objektif mungkin dengan criteria penilaian,  wiraga, wirupa, wirama dan wirasa.

Seorang penari mesti mampu manyampaikan roh penciptaan tari kepada penonton. Misalkan ada sekolah yang membawakan tari piriang Hoerijadh Adam, penari idealnya mengenali bagaimana Hoerijah menciptakn tari tersebut. Sekaligus faham kalau tarian itu tercipta dari  gabungan jiwa Melayu dan Minangkabau  dari sang koreografer yang betul betul berjiwa Islami.

Dalam tarian tersirat ketegasan, keanggunan dan kesopanan.Bukan mantiak atau centil, papar Rasmida memberi sedikit paparan, didampingi juri lainnya, Herawati dan Nirwana Murni, semuanya dosen senior ISI Padang Panjang.

Walau begitu  juri menilai tidak ada yang salah dalam penampilan  dalam festival tari yang merupakan rangkaian kegiatan hari jadi kota Padang Panjang ke227 itu.Kedepan mungkin perlu penghayatan lebih, dan pematangan dalam tehnis. Misalnya,  saat memegang piring cukup dengan  ujung jari saja dengan lembut. Bila digengam kuat dengan telapak tangan  bagian bawah piring akan berair yang menyebabkan licin dan berpotensi untuk jauh.

Di acara yang sama, Mulyati dan Syahrial dari Dinas Pariwisata  sebagai penyelenggara mengatakan, lomba tari diikuti oleh 8 SMTP/SMTA sekota Padang Panjang. Juara II dan III masing masing diraih MTsN Gantiang  dengan tari sapu tangan berpasangan,  dan SMA -3 Padang Panjang yang menampilkan tari Barabah dengan live music.

Lomba tari digelar selama dua hari. Esoknya setelah tingkat pelajar, digelar pula lomba tari tingkat Sumbar.  Walau hanya dengan pentas seadanya,acara tetap meriah. Hujan dan dingin tidak menyurutkan  semangat warga kota  menyaksikan festiva tempatnya karena hujan dipindahkan dari ruang terbuka ke pentas sederhana dalam Gor Bancah Laweh.

Hadiahnya ? Lumayan besar, Rp Rp.15 juta , Rp.10 juta dan Rp.7 juta  untuk juara I, II dan III tingkat Sumbar. Kemudian  Rp. 7,5 juta, Rp. 6,7 juta dan Rp.5,5 juta bagi juara I,II dan III untuk sang juara tingkat pelajar. ( yetti harni)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kegiatan KI Sumbar Tuntas

Spiritsumbar.com, Padang – Menjadi lembaga penerima dana hibah sebesar Rp1,5 miliar pada Perubahan APBD Sumbar ...