Beranda - Headline - Silaturrahmi Dengan Insan Pers, Dandim 0305 Paparkan Rangkaian Kegiatan TMMD
Dandim 0305 Pasaman Letkol INF Ahmad Aziz bersilaturahmi dengan Insan Pers
Dandim 0305 Pasaman Letkol INF Ahmad Aziz bersilaturahmi dengan Insan Pers

Silaturrahmi Dengan Insan Pers, Dandim 0305 Paparkan Rangkaian Kegiatan TMMD

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat- Dandim 0305 Pasaman Letkol INF Ahmad Aziz bersilaturahmi dengan Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (Pasbar) di Auditorium Rumah Dinas Bupati Pasbar. Selasa (24/3/2020).

Pada kesempatan itu ia memapaparkan berbagai rangkaian kegiatan TMMD Ke-107 Kodim 0305 Pasaman dan sosialisasi, edukasi Percepatan Penanganan Covid 19 oleh TNI Kodim 0305 yang bekerja sama dengan Tim Satgas Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat dan masyarakat setempat.

Pemaparan berbagai kegiatan yang berlokasi di beberapa titik tersebut dikatakannya bahwa sejak beberapa minggu lalu hingga hari Selasa, (24/3/2020) pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan dengan masyarakat seperti penghijauan berupa penanaman pohon, silaturahmi dengan masyarakat, mitigasi dan edukasi terkait Covid 19.

Diterangkan Dandim 0305 Pasaman,Letkol Inf.Ahmad Aziz, Kegiatan tersebut merupakan tradisi manunggalnya TNI dengan rakyat dalam bentuk dedikasi bagi perjuangan dan pengorbanan prajurit dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan NKRI yakni TNI merupakan refleksi dari kekuatan Rakyat.

“Bagi para prajurit, momentum bersama rakyat ini menjadi pengingat dalam meningkatkan jiwa patriotisme serta jiwa korsa, layaknya Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman itu saat bersama rakyat berjuang merebut dan mempertahankan NKRI,” katanya .


Artikel Lainnya

loading…


Masih menurut Dandim, “silaturahmi perlu kita lakukan antara Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan Pers sehingga diharapkan dapat terciptanya sinergitas kedepan yang lebih baik lagi, sebab masyarakat perlu informasi terhadap apa saja yang dikerjakan oleh para pemangku kekuasaan, sehingga apa yang kita kerjakan bisa diketahui khalayak dan tentunya apapun program kita pasti berdampak bagi kemajuan kabupaten Pasaman Raya ini khususnya dan keutuhan NKRI” katanya.

Seperti untuk menjalin kekompakan dan rasa kebersamaan, personel Satgas TNI (TMMD) Manunggal Membangun Desa Kodim 0305 Pasaman menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan warga Kampung dan Nagari yang ada di sekitar lokasi kegiatan.

Melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilaksanakan di sela-sela kegiatan prosesnya selalu kita lakukan dengan berbaur dan makan siang atau makan malam bersama. Hal itu biasanya menurut Komandan Kodim 0305 Pasaman  Letkol Inf Ahmad Aziz,  mengungkapkan bahwa kegiatan komunikasi sosial bersama masyarakat kampung yang dilakukan oleh personel TMMD dilaksanakan pada saat istirahat.

“Komunikasi sosial bersama warga masyarakat tersebut kita lakukan disela-sela kegiatan membangun sarana dan prasarana sesuai program yaitu pada saat istirahat siang sekaligus makan bersama,” terangnya.

Kegiatan pembinaan teritorial seperti ini merupakan salah satu bentuk sarana untuk menjaga serta memelihara hubungan baik dengan masyarakat, sehingga proses pembangunan sarana dan prasarana, maupun dalam bentuk program kesehatan, pertanian, ekonomi dan juga ke agamaan dapat berjalan dengan lancar.

Mariadi, salah satu warga Jorong Paraman Sawah Nagari Batahan mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan TMMD Tahun 2020 Kodim 0305 Pasaman ini.

“Saya dan masyarakat Paraman Sawah serta Rura Patontang pastinya sangat senang dengan adanya kegiatan TMMD 2020 ini, karena kehadirannya di sini selain membangun juga melakukan berbagai kegiatan positif serta dalam kesehariannya personil TNI selalu berbaur dengan warga, menunjukkan sikap yang ramah dan penuh kekeluargaan,” ujarnya.

Ahmad Aziz mengatakan situasi wilayah Kodim 0305/Pasaman pada hari Selasa tanggal 24  Maret 2020 dalam keadaan aman dan terkendali. Sementara menurutnya walaupun cuaca di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat hujan, namun kegiatan yang dilaksanakan hari ini, berjalan terkendali dan lancar serta sukses.

Kegiatan itu, antara lain saat Serka Isarman dan Sertu Juwadi Babinsa Koramil 02/SE ikut mendampinginya melaksanakan pengecekan di pos percepatan penanganan Covid-19 dan sekaligus pengecekan awal suhu tubuh melalui termo scanner bagi petugas kepada seluruh masyarakat yang  masuk Pasaman Barat .

Selanjutnya Koptu Andrianto, Babinsa Koramil 07/AB tetap melaksanakan siaga di Posko perbatasan percepatan penanganan Covid 19 dan pengecekan kepada para pengemudi untuk mencegah adanya virus Corona bersama Instansi terkait di Jorong Kampung Baru.

Demikian juga kegiatan Babinsa Koramil 02/SE Koptu. Andi Candra dalam kegiatan melaksanakan Pendampingan petani menanam bibit padi jenis IR 46 luas 0,5 ha milik ibu Wilda di Jorong Pisang Hutan berjalan Sukses.

Termasuk Serda Yunilham Babinsa Koramil 07/AB  Dan Sertu Gustisar Babinsa Koramil 01/lbs Kodim 0305/Pasaman melaksanakan pendampingan upsus tanam padi jenis 42 vieretas dengan luas 1 ha. Mereka ikut mendampingi warga.

Mereka juga ikut memanen padi milik  Rasidi jenis Silampung luas 0,6 Ha Poktan Karya Sepakat  diJorong PB I berjalan lancar. dan Sertu Herri Susanto juga mendampingi Ibu Rosni menyiangi padi jenis IR 64 luas 0,7 Ha Poktan Sakato Jaya di Jorong Sigalangan Nagari Parit yang berlangsung penuh kekeluargaan.

Demikian juga saat Danramil 02 Simpang Empat, Kapt. Inf. Lilik Surianto beserta 2 (dua) orang anggota dan Pelda Riady, Batuud Koramil 07/AB saat ikut menghadiri rapat koordinasi dalam rangka percepatan penanganan covid 19 di Kab. Pasaman Barat.

Sekaligus mengikuti pelaksanaan kegiatan penyemprotan serentak seluruh Indonesia menggunakan cairan desinfektan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Aula Kantor BPBD Kab. Pasaman Barat, berlangsung sukses.

Berdasarkan laporan yang diterimanya bahwa Babinsa Koramil 02/SE Kodim 0305/ Pasaman, Serka Sanda Tri Purnama saat melaksanakan kegiatan pengecekan ke rumah warga yang menerima bantuan jamban di Jorong Bandarejo Nagari Lingkung Aur Kecamatan Pasaman berlangsung dengan baik.

Demikian Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz jebolon Akabri Tahun 2000 yang sebelumnya menjadi Danyon Tombak Sakti Pematang Siantar ini memaparkan panjang lebar tentang kegiatannya Hari Selasa, 24 Maret 2020 kepada PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO) Pasbar dengan penuh keakraban dan canda tawa dalam keramahtamahan sahabat. (SY)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Orang tua calon peserta didik melakukan verifikasi data PPDB di SMA 6 Padang

Pemalsuan Suket Domisili untuk PPDB Mulai Terkuak

Spiritsumbar.com, Padang – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah mengumumkan hasil seleksi Pendaftaran Peserta ...