Beranda - Headline - Setelah Adiwiyata Nasional, MA-KMM Kauman ke LSS Sumbar
Ini potret penghijauan di teras depan MA-KM Kauman - Yehani/Spirit Sumbar
Ini potret penghijauan di teras depan MA-KM Kauman - Yehani/Spirit Sumbar

Setelah Adiwiyata Nasional, MA-KMM Kauman ke LSS Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Sukses meraih Adiwiyata Nasional 2017, MA-KMM Kauman Padang Panjang kini mewakili kota kecil itu ke Lomba Sekolah Sehat (LSS) seProvinsi Sumatera Barat. Mereka berjuang lolos ke LSS Nasional, dan menduetkan Piala LSS Nasional – Adiwiyata Nasional di madrasahnya bersama prestasi nasional lain.

Terkait lomba ini, MA-KMM (Madrasah Aliyah – Kuliatul Muballighien Muhammadiyah) Kauman Padang Panjang sudah dikunjungi oleh tim penilai LSS Sumbar’18, Kamis (27/9) lalu. Tim yang diketuai oleh Eko Faisal ini disambut oleh pimpinan madrasah, Derliana beserta guru, komite, kepala unit kerja terkait Pemko dan Kemenag setempat.

Pada kunjungan itu, tim mendengar ekspos Kepala MA-KMM Kauman, Derliana, tanya-jawab, dan meninjau lapangan. Dalam ekspos, Derliana menyebut mewujudkan sekolah sehat itu mutlak. Program ini sejalan dengan Adiwiyata. Lalu, karena Adiwiyata nasional sudah diraih, usaha mewujudkan sekolah sehat lebih ke upaya peningkatan.

Bentuk kegiatan yang dilakukan selama ini dalam mewujudkan sekolah sehat antaralain, mewujudkan kebersihan komplek sekolah, kafe yang higienis/sehat, dan penghijauan. Berikut, kegiatan aksi Lisa (lihat sampah ambil), operasi semut (memungut sampah 5 menit tiap hari), dan larangan membawa minuman air mineral kemasan plastik ke sekolah.

Di antara sekian banyak bentuk kegiatan itu, seperti diakui Derliana atas pertanyaan The Public sebelumnya, yang relatif berat itu tadinya adalah mewujudkan penghijauan/kerindangan sekolah. Karena, MA-KMM hanya bagian dari jenjang pendidikan formal yang ada di komplek Perguruan Muhammadiyah (Kauman) Padang Panjang.

Seperti diketahui, di Kauman ini terdapat jenjang pendidikan TK, SD, SMP/MTs, SMA/MA-KMM, dan perguruan tinggi. Pola bangunannya (terdiri 1 lantai, dan 2 lantai) tampil melingkar menghadap ke tengah komplek.Sisa lahan di bagian tengah menjadi halaman bersama. Gedung MA-KMM sendiri berada pada sebagian deretan di sebelah timur.

Karena itu, peluang melakukan penghijauan sangat terbatas, hanya memakai bagian pinggir halaman di depan bangunan lokal/kantor MA-KMM sendiri. Jenis tanaman yang ditanam dipilih yang diperkirakan tidak akan kelewat besar/tinggi. Sementara itu solusi atas larangan membawa air minum kemasan plastik ke sekolah, diajurkan dengan pakai botol minum.

Dampak lain dari kampus yang kondusif itu, prestasi akademi/non akademi siswa juga naik. Alumni banyak diterima di perguruan tinggi favorit di tanah air. Berikut, jumlah murid MA-KMM yang tadi sempat merosot tajam, pernah di bawah 50 orang, belakangan ramai lagi. Dua tahun ini calon siswa mendaftar di atas daya tampung.

Lebih dari itu, inovasi MA-KMM di bidang kesehatan lingkungan sejak sekitar 2014 lalu tersebut dari pantauan The Public, juga diikuti oleh jenjang pendidikan lain di Kauman. Itu lah potret MA-KMM Kauman Padangpanjang, madrasah dengan kepala sekolah pertamanya Buya HAMKA (pada1930-1936) di bidang lingkungan sekarang. (yet).

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...