Beranda - Headline - Sepantasnya Rohana Kuddus Jadi Pahlawan Nasional
Nevi Prayitno Irwan dalam perjuangan Rohana Kuddus
Nevi Prayitno Irwan dalam perjuangan Rohana Kuddus

Sepantasnya Rohana Kuddus Jadi Pahlawan Nasional

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Ny. Nevi Irwan Prayitno menghadiri seminar nasional Gelar Pahlawan Nasional Untuk Rohana Kuddus di Auditorium Gubernuran, Rabu (28/3).

Seminar ini dibuka oleh Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar dan dihadiri Kasubdit Penghargaan dan kesejahteraan keluarga pahlawan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia ibu Afni, Sh, Msi, Bupati Kabupaten Agam Indra Catri beserta istri, Ketua BKOW Provinsi Sumatera Barat Ny. Wartawati Nasrul Abit, SKPD terkait, penulis buku biografi Rohana Kuddus Prof Mestika Zed serta beberapa organisasi wanita lainnya.

Adapun diadakannya seminar ini sebagai upaya untuk mendukung Rohana Kuddus menjadi pahlawan nasional. Organisasi Rohana Kuddus bersama Pemprov Sumbar dan Agam merancang seminar nasional dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu pejabat Kementerian Sosial Afni, Ketua LIPI Prof Taufik Abdullah, dan dosen FIB Unand Yenni PHd.

“Rohana Kuddus seorang wanita tangguh yang telah banyak berbuat untuk kaum wanita, tulisannya dalam mengangkat derjat kaumnya supaya bisa menjalankan peran, kodrat dan fungsinya sebagai kaum perempuan, ” jelas ketua Tp PKK Provinsi Sumatera Barat ini.

Buku biografi Roehana Kudus telah selesai disusun dari berbagai sumber oleh sejarawan Sumbar Prof Mestika Zed. Namanya juga sudah diabadikan menjadi nama jalan pada beberapa daerah di Sumbar juga pada sebuah nama gedung pertemuan serta pada nama organisasi masyarakat.

Ny. Nevi berharap dengan adanya seminar ini dapat melengkapi buku biografi ini sehingga menjadi biografi yang utuh sehingga dapat melengkapi syarat agar terwujudnya harapan kita bersama.

Selanjutnya Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar menyadari banyak tokoh yang mempunyai peran penting dalam merintis kemerdekaan Republik Indonesia setidaknya 14 Pahlawan Nasional yang berasal dari Sumatera Barat.

Ali Asmar mengapresiasi organisasi Rohana Kuddus dan pemerintah daerah Kabupaten Agam yang telah menginisiasi dan berusaha merealisasikan gagasan untuk mengusulkan Rohana Kuddus sebagai Pahlawan Nasional asal Sumatera Barat.

“Pengusulan ini penting mengingat Rohana Kuddus perempuan multitalenta dan pahlawan emansipasi wanita yang lahir di Koto Gadang, Sumatera Barat, seorang pendiri sekolah khusus perempuan “Amai Setia” dan penulis, wirausaha serta pemimpin redaksi, serta mendapat penghargaan sebagai wartawati perempuan pertama Indonesia” jelasnya.

Atas dasar perjuangan dan pengorbanan beliau, Rohana Kuddus layam diberi anugerah sebagai pahlawan nasional, Ia berharap pengusulan gelar pahlawan nasional ini dapat berjalan lancar dan hasil seminar ini bisa melahirkan catatan sejarah tentang kisah Rohana Kuddus.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya hanya saja banyak orang yang berjasa bagi bangsa dan negara yang belum mendapat gelar pahlawan salah satunya Rohana Kuddus, ” jelas Bupati Kabupaten Agam.

Rohana Kuddus sangat mementingkan pendidikan dan perempuan karena baginya perempuan membutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan tekad itulah Rohana Kuddus mendirikan sekolah keterampilan Amai Setia pada tahun 191, disekolah itu diberikan membaca, menulis, menjahit dan menyulam juga ilmu pengetahuan umum dan agama islam inilah bentuk perjuangan Rohana Kuddus dalam bidang pendidikan bagi perempuan dan perjuangan dalam emansipasi perempuan yang tidak menuntut persamaan hak namun pengukuhan peran, fungsi dan kodratnya. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Peduli Lingkungan untuk Kemaslahatan

SPIRITSUMBAR.com – Untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk mencintai lingkungan dan memberikan edukasi bagi ...