Beranda - Headline - Semarak Islam Bergema dari Banuaran
Wakil Ketua DPRD Padang, H. Muhidi sedang mengikuti bimtek
Wakil Ketua DPRD Padang, H. Muhidi sedang mengikuti bimtek

Semarak Islam Bergema dari Banuaran

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, PadangWalikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah akan melakukan lauching berbagai program di Masjid Al Quwait, Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Sabtu (27/1/2018).

Beberapa program yang akan diperkenalkan itu diantaranya Tahfidz Quran, Gerakkan Sahur dan Buka Bersama, Puasa Senin Kamis, Badan Amil Zakat (BAZ), Gerakkan Literasi Masjid dan beberapa program lainnya.

Menariknya, launching dalam rangka pelantikan Pengurus Masjid yang baru saja terpilih itu, Mahyeldi juga didaulat sebagai penceramah Tabligh Akbar.

“Berbagai program ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Mudah-mudahan program ini akan menjauhkan generasi muda dari berbagai penyimpangan sosial dan penyakit masyarakat,” ujar Ketua Masjid Al Quwait, Saribulih, Kamis (25/1/2018)

Lebih dari itu, berbagai program yang dikemas tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan masjid. Seperti Gerakkan Sahur dan Buka Bersama Puasa Senin Kamis diharapkan tidak hanya untuk mendekatkan diri pada Sang Khaliq tapi juga makin membangun silaturrahim sesama muslim. Begitu juga dengan Gerakkan Literasi Masjid tidak hanya sekedar menjadikan masyarakat dan generasi untuk gemar membaca, tapi juga mereka lebih menyenangi berdiam di masjid sambil menambah pengetahuan melalui buku.

“Tidak bisa kita pungkiri, keberadaan smartphone telah menjadikan masyarakat muslim dan generasi muda khususnya bersifat individualistis. Walau mereka duduk berdampingan namun tidak pernah bertegur sapa, lantaran sibuk dengan gadget masing-masing. Namun dengan membaca, mereka juga akan berdiskusi dan bertukar pikiran,” ujar Saribulih yang juga Pemimpin Redaksi The Public.

Saribulih juga berharap keberadaan BAZ akan mampu mengurangi kemiskinan di sekitar lingkungan Masjid Al Quwait. Karena, zakat yang dibayar oleh mereka yang mampu akan disalurkan pada masyarakat miskin, terutama digunakan untuk kegiatan produktif. “Di sekitar masjid, masih banyak masyarakat yang kurang beruntung dari segi keuangan. Mereka ini akan dibantu melalui BAZ dan diupayakan membuka usaha sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Malahan, ada yang sudah punya usaha, namun terkendala keuangan. Mereka ini kita prioritaskan dalam penyaluran zakat agar mereka, pada akhirnya bisa mandiri. Langkah selanjutnya, kita juga akan dirikan Koperasi Syariah, demi peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Padang, Drs. H. Muhidi MM sangat mendukung program yang akan digulirkan oleh Pengurus Masjid Al Quwait. Menurutnya, berbagai program tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat. Namun lebih dari itu, hal ini juga membentingi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi.

“Mudah-mudahan program ini berjalan secara maksimal, demi mengembalikan marwah Minangkabau. Ini merupakan suatu upaya untuk menciptakan program pemerintah Sumbar yang telah didengungkan, yakni Gerakkan Kembali ke Surau,” ujarnya. (SALIH)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Diduga SK Ganda, PAN Bukittinggi Punya Dua Ketua

Spiritsumbar.com – Belum selesai persoalan DPW PAN Sumbar yang meminta Ali Mukhni mundur oleh kadernya, ...